Rabu, 04 Mei 2022

Penyehatan Strategik Melalui Peningkatan Kepuasan Konsumen (skripsi tesis dan disertasi)

Ada dua macam penyehatan perusahaan yakni penyehatan strategik (strategic turnaround) dan penyehatan operasional (operating turnaround). Penyehatan strategik diperlukan ketika terjadinya kesalahanstrategis, biasanya berkaitan dengan usaha penyehatan terhadap sakit yang yang disebabkan oleh ketidakmampuan perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen. Penyehatan strategik diperlukan ketika perusahaan dinilai memiliki kecenderungan kehilangan posisi strategis di pasar, sekalipun perusahaan berhasil secara rata-rata atau bahkan lebih secara operasional.Dalam upaya mengembangkan penyehatan strategik perusahaan manajemen harus memberi kepuasan kepada konsumen dan pelanggan, karena kepuasan konsumen yangdirealisasikan dalam bentuk produk atau jasa yang berkualitas tinggi, harga terjangkau, mekanisme cepat, dan layanan yang cepat dan memuaskan akan membantu peningkatan penjualan demi kelangsungan perusahaan baik dimasa kini maupun dimasa depan (Dewi dkk,2016:16).Dalam batas-batas tertentu perusahaan mampu mencapai tujuan ekonomis keuangan akan tetapi gagal mencapai tujuan ekonomis strategik. Untuk keperluan penyehatan, manajemen biasanya berusaha minimal mengembalikan posisi strategik yang pernah dimiliki dengan melakukan perubahan strategi bisnis. Manajemen mencoba menenukan keunggulan bersaing baru yang hendak dikembangkan dengan melakukan perubahan secara menyeluruh dan seringkali manajemen memberikan perhatian yang lebih pada bisnis inti yang selama ini agak terlupakan. Terbuka kemungkinan manajemen melakukan akuisisi dengan perusahaan lain (Muhammad Suwarsono, 2017:341).
 
 
 

Tidak ada komentar: