Untuk mencapai daya saing strategis dan memperoleh profit yang tinggi, perusahaan harus menganalisislingkungan internal maupun eksternal dalam mengidentifikasi peluang dan ancaman dalam lingkup usahanya.Amirullah (2015:88) menyatakan bahwa Suatu strategi merupakan sejumlah tindakan yang terintegrasi dan terkoordinasi yang diambil untuk mendayagunakan kompetensi inti serta memperoleh keunggulan bersaing.Agar strategi bisnis dapat memberikan hasil optimal bagi perusahaan, maka perumusan strategi harus sesuai dengan spesifikasi produk, pasar dan pemasarannya serta pemanfaatan sumber daya organisasi dan teknologi.Tahapan-tahapan dalam berstrategi meliputi: perumusanstrategi, penerapan strategi, evaluasi strategi dan pengendalian strategi.Perumusan strategi harus sesuai dengan spesifikasi produk, pasar dan pemasarannya. Sumberdaya perusahaan baik keuangan maupun non keuangan yang diiringi dengan teknologi. Formula strategi yang keliru akan berdampak yang kurang baik bagi perusahaan sehingga pihak manajemen harus betul-betul memahami dan mencermati setiap kemungkinan yang akan terjadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar