Senin, 06 April 2020

Pengertian Praktik Sumber Daya Manusia (SDM) (skripsi dan tesis)

Pengertian Praktik Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam mengelola orang (Amstrong, 2006:4). Praktik SDM didefinisikan sebagai pendekatan manajemen untuk mengembangkan keterikatan karyawan (Yang, 2012). Dibeberapa organisasi praktik ini melihat karyawan sebagai pelanggan internal, dimana pasar organisasi sendiri memperkenalkan tidak kepada pelanggan dan calon pelanggan, tetapi kepada karyawan dan potensi karyawan (Torrington et al., 2008:14). Praktik SDM merupakan suatu motivasi yang mempengaruhi perilaku karyawan diperusahaan seperti komitmen, proaktif, kepercayaan, dan vitalitas yang berhubungan dengan manajemen perubahan (Moideenkutty, et al., 2009; Bergiel, 16 et al., 2009; Mansour et al., 2014; Maden, 2015; Vanhala, 2011; Tummers et al., 2015). Hubungan kerja bukan hanya suatu transaksional dimana uang yang diperoleh dalam pertukaran untuk melaksanakan serangkaian tugas kompeten, tetapi juga salah satu relasional yang melibatkan emosional (Torrington et al., 2008:14). Praktik SDM berkaitan erat dan mempengaruhi kinerja karyawan pada suatu perusahaan (Hashim, 2010; Choi & Lee, 2013; Mansour et al., 2014). Beberapa hal yang dilakukan perusahaan dalam mengumpulkan dan menggunakan kecerdasan, ide-ide dan motivasi semua pekerja, dimana perusahaan memilih dari berbagai macam tindakan praktik SDM, oleh Didier & Guerrero (2002) dipaparkan sebagai praktik sumber daya manusia keterlibatan tinggi (PSDMKT). Model PSDMKT pertama kali diperkenalkan oleh Lawler pada tahun 1986. Praktik ini memiliki tujuan untuk mengembangkan komitmen dan keterlibatan karyawan di tempat kerja (Didier & Guerrero, 2002). Jadi, praktik sumber daya manusia merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam mengelola orang, dimana pendekatan ini mengakui kapasitas karyawan yang terlibat secara emosional terikat dalam pekerjaan, pelanggan, rekanrekan dan pada tingkat lebih rendah dengan organisasi mereka. 

Tidak ada komentar: