Praktik SDM mempengaruhi kinerja individu dan organisasi secara positif dengan menginstruksikan karyawan tidak hanya bekerja keras saat memiliki kontrol lebih dalam pekerjaan, tapi juga bekerja cerdas dan lebih bertanggung jawab dengan meningkatkan kemampuan dan kompetensi (Maden, 2015). Dimensi untuk mengukur praktik SDM telah banyak dikembangkan. Pada penelitian ini menggunakan dimensi berdasarkan kerangka konseptual yang diajukan Lawler (1986) disebut dengan praktik SDM keterlibatan tinggi dibagi menjadi lima bagian diantaranya (Pare & Tremblay, 2007; Yang, 2012; Maden, 2015):
1. Empowerment (pemberdayaan). Pemberdayaan mengacu pada keleluasaan untuk membuat keputusan sehari-hari yang berhubungan dengan aktivitas dan pekerjaan di tempat kerja.
2. Competence Development (pengembangan kompetensi). Pengembangan kompetensi merupakan suatu proses pengembangan keterlibatan praktis seperti rotasi pekerjaan, mentoring, pelatihan. Dengan Pratik ini, organisasi dapat memperkuat produktivitas karyawan dan mengirim tanda bahwa pembuat keputusan merupakan investasi jangka panjang karir karyawan.
3. Information Sharing (berbagi informasi). Berbagi informasi mengacu pada karyawan mendapat informasi yang tepat mengenai kualitas, umpan balik pelanggan dan hasil bisnis. Praktik ini mengindikasi bahwa perusahaan percaya kepada karyawannya dan karyawan tersebut membalas dengan meningkatkan keterlibatan di tempat kerja.
4. Recognition (pengakuan). Pengakuan mengacu pada penghargaan non moneter yang diberikan perusahaan, dimana perusahaan mengapresiasi kualitas pekerjaan dan prestasi. Karyawan akan bekerja lebih baik saat mereka merasa kompetensi, usaha dan konstribusi diakui oleh perusahaan.
5. Fair Rewards (penghargaan yang adil). Penghargaan yang adil mengacu pada perasaan adil terhadap berbagai macam hasil pekerjaan, termasuk kompensasi, kondisi, penilaian kinerja, dan penempatan pekerjaan. Saat karyawan merasa diperlakukan adil oleh perusahaan, karyawan akan merasa berkewajiban untuk bersikap adil dalam bagaimana melakukan peran pekerjaan dan menunjukkan perilaku yang bermanfaat bagi organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar