Kata pendekatan berasal dari kata dasar “dekat” yang mempunyai arti pendek
atau tidak jauh. Sedangkan pengertian pendekatan menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia merujuk pada proses, cara, dan usaha untuk mendekati sesuatu. Dalam
konteks pembelajaran istilah pendekatan dapat diartikan sebagai suatu cara atau usaha yang dilakukan dalam proses pembelajaran untuk membantu mencapai tujuan
pembelajaran.
Hamdayana (2016:128) menganalogikan pendekatan pembelajaran sebagai
sebuah jalan yang akan dilalui oleh peserta didik dan pendidik dalam mencapai
tujuan pembelajaran dengan cara menyajikan materi dengan bentuk yang berbeda.
Sedangkan menurut Wahjoedi (1999:121), pendekatan pembelajaran merupakan
cara untuk mengelola kegiatan belajar serta perilaku peserta didik. Hal tersebut
dilakukan dalam rangka membuat peserta didik aktif dalam kegiatan pembelajaran
sehingga dapat memperoleh hasil belajar yang optimal.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pendekatan
pembelajaran merupakan sebuah usaha untuk membantu mencapai tujuan
pembelajaran melalui penyajian materi ke dalam bentuk yang berbeda. Dengan
hadirnya beragam pendekatan pembelajaran yang berbeda, diharapkan seorang
pendidik mampu memilih pendekatan yang tepat sesuai dengan karakteristik
kompetensi dasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar