Pelaksanaan pembelajaran merupakan bentuk penerapan dari RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran). Seorang pendidik yang berada dalam satuan
pendidikan diwajibkan untuk menyusun RPP. RPP merupakan sebuah rancangan
dari kegiatan pembelajaran untuk diterapkan dalam satu kali pertemuan atau lebih.
11
Dengan kata lain RPP merupakan acuan dan pedoman pendidik dalam
melaksanakan pembelajaran di dalam kelas.
Untuk menyusun sebuah RPP pendidik perlu mengacu pada Silabus yang
mencangkup Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK),
Materi Pembelajaran, kegiatan pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu, Dan
Sumber Belajar. Silabus sendiri dikembangkan dan disesuaikan oleh masingmasing satuan pendidikan. Adapun langkah-langkah pembelajaran yang terdapat
RPP meliputi:
1) Kegiatan Pendahuluan
Rusman (2018:14) memaparkan beberapa kegiatan yang wajib dilakukan oleh
seorang pendidik dalam kegiatan pendahuluan, yaitu:
a) Mempersiapkan peserta didik dari segi psikis dan fisik supaya siap memulai
proses pembelajaran.
b) Memberikan motivasi belajar kepada peserta didik dengan menyesuaikan pada
topik materi ajar pada kehidupan sehari-hari.
c) Mengajukan pertanyaan yang dapat memancing ingatan peserta didik terhadap
materi sebelumnya yang kemudian dihubungkan dengan materi yang akan
dipelajari.
d) Memberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar
yang akan dicapai.
e) Menyampaikan materi dan menjelaskan uraian kegiatan yang akan dilakukan
sesuai dengan silabus.
2) Kegiatan Inti
Kegiatan inti berisi serangkaian kegiatan pembelajaran yang akan dilalui oleh
peserta didik sesuai dengan KD. Dalam penyusunan kegiatan inti, pemilihan model,
metode, media, dan sumber pembelajaran perlu memerhartikan karakteristik dari
peserta didik dan mata pelajaran. Selanjutnya kegiatan pembelajaran disesuaikan
dengan pemilihan pendekatan pembelajaran yang akan digunakan oleh peserta
didik.
3) Kegiatan Penutup
Rusman (2018:14) memaparkan bahwa kegiatan penutup digunakan untuk
melakukan refleksi guna mengevaluasi:
a) Seluruh rangkaian aktivitas dan hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah
dilaksanakan.
b) Memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil pembelajaran.
c) Memberikan tugas sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran
yang telah dilaksanakan.
d) Menyampaikan rencana terkait dengan kegiatan pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar