Kamis, 30 April 2020

Pelaksanaan Pembelajaran (skripsi dan tesis)

 Pelaksanaan pembelajaran merupakan bentuk penerapan dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Seorang pendidik yang berada dalam satuan pendidikan diwajibkan untuk menyusun RPP. RPP merupakan sebuah rancangan dari kegiatan pembelajaran untuk diterapkan dalam satu kali pertemuan atau lebih. 11 Dengan kata lain RPP merupakan acuan dan pedoman pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di dalam kelas. Untuk menyusun sebuah RPP pendidik perlu mengacu pada Silabus yang mencangkup Kompetensi Dasar (KD), Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK), Materi Pembelajaran, kegiatan pembelajaran, Penilaian, Alokasi Waktu, Dan Sumber Belajar. Silabus sendiri dikembangkan dan disesuaikan oleh masingmasing satuan pendidikan. Adapun langkah-langkah pembelajaran yang terdapat RPP meliputi: 
1) Kegiatan Pendahuluan 
Rusman (2018:14) memaparkan beberapa kegiatan yang wajib dilakukan oleh seorang pendidik dalam kegiatan pendahuluan, yaitu: a) Mempersiapkan peserta didik dari segi psikis dan fisik supaya siap memulai proses pembelajaran. b) Memberikan motivasi belajar kepada peserta didik dengan menyesuaikan pada topik materi ajar pada kehidupan sehari-hari. c) Mengajukan pertanyaan yang dapat memancing ingatan peserta didik terhadap materi sebelumnya yang kemudian dihubungkan dengan materi yang akan dipelajari. d) Memberikan penjelasan tentang tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang akan dicapai. e) Menyampaikan materi dan menjelaskan uraian kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan silabus. 
 2) Kegiatan Inti 
Kegiatan inti berisi serangkaian kegiatan pembelajaran yang akan dilalui oleh peserta didik sesuai dengan KD. Dalam penyusunan kegiatan inti, pemilihan model, metode, media, dan sumber pembelajaran perlu memerhartikan karakteristik dari peserta didik dan mata pelajaran. Selanjutnya kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan pemilihan pendekatan pembelajaran yang akan digunakan oleh peserta didik.
 3) Kegiatan Penutup 
Rusman (2018:14) memaparkan bahwa kegiatan penutup digunakan untuk melakukan refleksi guna mengevaluasi: a) Seluruh rangkaian aktivitas dan hasil dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. b) Memberikan umpan balik (feedback) terhadap proses dan hasil pembelajaran. c) Memberikan tugas sebagai bentuk tindak lanjut dari kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. d) Menyampaikan rencana terkait dengan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya.

Tidak ada komentar: