Pembelajaran merupakan sebuah sistem yang memiliki sejumlah komponen
yang saling terhubung dan memengaruhi satu sama lainnya. Ruhimat et al.
(2011:148-175) mengungkapkan beberapa komponen pembelajaran sebagai
berikut: 1) Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran adalah target yang ingin dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan. Tujuan ini merupakan bagian dari upaya pencapaian
tujuan yang lebih tinggi, yaitu tujuan pendidikan dan tujuan pembangunan nasional.
2) Bahan Pembelajaran
Bahan pembelajaran atau juga sering disebut dengan materi pembelajaran
adalah penjabaran dari isi kurikulum yang kemudian dikemas dalam bentuk mata
pelajaran ataupun bidang studi beserta dengan topik dan rinciannya. Secara umum
isi dari kurikulum dapat dikelompokan kedalam tiga unsur utama, yaitu: logika
(pengetahuan tentang benar-salah), etika (pengetahuan tentang baik-buruk), dan
estetika (pengetahuan tentang keindahan).
3) Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah serangkaian langkah-langkah yang digunakan
untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Dalam penerapannya
strategi pembelajaran sangat bergantung dan tidak dapat dipisahkan dengan
komponen lain yang terdapat dalam sistem. Dengan kata lain strategi pembelajaran
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti: tujuan, materi, peserta didik, fasilitas,
waktu, dan pendidik.
4) Media pembelajaran
Media pembelajaran adalah alat dan bahan yang dapat membantu dalam
menyampaikan bahan pembelajaran. Selain itu menurut Wirawan et.al (2018:256)
10
media pembelajaran juga dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kegiatan
belajar peserta didik. Jenis media pembelajaran dapat meliputi: media visual, media
audio, media audio visual, media penyaji, dan media interaktif.
5) Evaluasi pembelajaran
Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan untuk
memperoleh informasi tentang nilai suatu objek yang bersifat menyeluruh. Dalam
prosesnya evaluasi pembelajaran tidak hanya didasarkan pada hasil pengukuran
saja, namun dapat pula didasarkan dari hasil pengamatan yang kemudian
menghasilkan keputusan nilai tentang suatu objek yang bersifat final.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa untuk menciptakan
kondisi pembelajaran yang baik, keberadaan dari komponen-komponen tersebut
tidak boleh dihilangkan meskipun hanya satu komponen. Disebutkan bahwa salah
satu komponen yang harus tersedia dalam pembelajaran adalah media. Sesuai
dengan poin tersebut, dalam penelitian ini penggunaan aplikasi Kahoot! merupakan
salah satu bentuk dari penerapan media yang dilakukan sebagai upaya untuk
meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar peserta didik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar