Mobile learning sendiri merupakan
salah satu jenis pembelajaran yang sedang
berkembang saat ini. Konsep
pembelajarannya sendiri mobile learning
mempunyai kelebihan yang tidak dimiliki
media lain yaitu mudah di akses setiap saat
dan lebih menarik untuk dipelajari pada
umumnya. Quinn (2000) berpendapat
bahwa m-learning adalah sebuah elearning yang dapat diwujudkan melalui
perangkat mobile, namun m-learning
memiliki manfaat ketersediaan materi ajar
yang dapat diakses pengguna kapan saja
dan di mana saja melalui perangkat
mobile.
Mobile learning didefinisikan oleh
Kulkulska (2015:1) yaitu sebuah konsep
baru dalam pendidikan dan memiliki salah
satu konotasi yag familiar berkaitan
dengan mobilitas pelajar. Konotasi yang
familiar tersebut ialah penggunaan
perangkat genggam baik itu ponsel,
smartphone, maupun tablet yang saat ini
menjadi tren perkembangan komunikasi
dan informasi di dunia. Penggunaan
perangkat genggam tersebut dimanfaatkan
sebagai suatu strategi dalam belajar dalam
arti bahwa pebelajar harus mampu untuk
terlibat daalam kegiatan pembelajaran
tanpa dibatasi ruangan.
Mcquiggan (2015:8) menyatakan
Istilah mobile learning atau biasa disebut
m-learning merupakan pengalaman dan
kesempatan yang diberikan oleh evolusi
teknologi pendidikan. Ini dapat dilakukan
di mana saja dan kapan saja pembelajaran
dilakukan instan, akses belajar
dikendalikan secara pribadi. Dimana
pembelajaran penuh dengan alat dan
sumber daya, kita aka lebih mengkonstruk
pengetahuan kita sendiri, memuaskan
keingintahuan kita, berkolaborasi dengan
orang lain, dan budidaya pengalaman.
Menurut Tamimuddin (2007:1)
mobile learning diartikan kepada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar