Wibowo menyatakan bahwa perubahan dapat terjadi pada diri kita maupun di
sekeliling kita, bahkan kadang-kadang kita tidak sadari bahwa hal tersebut
berlangsung (2011 : 104). Pengertian lain dari Kreitner dan Kinicki (2001 : 659) yang
menyatakan bahwa ada dua kekuatan yang dapat mendorong munculnya kebutuhan
untuk melakukan perubahan di dalam perusahaan, yaitu:
1. Kekuatan eksternal, yaitu kekuatan yang muncul dari luar perusahaan, seperti:
karakteristik demografis (usia, pendidikan, tingkat keterampilan, jenis kelamin,
imigrasi, dan sebagainya), perkembangan teknologi, perubahan-perubahan di
pasar, tekanan-tekanan sosial dan politik.
2. Kekuatan internal, yaitu kekuatan yang muncul dari dalam perusahaan, seperti:
masalah-masalah/prospek sumber daya manusia (kebutuhan yang tidak terpenuhi,
ketidakpuasan kerja, produktifitas, motivasi kerja, dan sebagainya), perilaku dan
keputusan manajemen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar