Senin, 06 April 2020

Pengertian merek (skripsi dan tesis)


Menurut American Marketing Association, merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasinya yang dapat mengidentifikasikan barang atau jasa dari seorang atau sekelompok penjual agar dapat membedakan produk tersebut dari produk pesaing (Kotler, 2000). Kemudian, menurut Aaker (1997) merek adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan (seperti logo, cap, atau desain kemasan) yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari satu produsen atau satu kelompok produsen, dengan demikian dapat membedakannya dari barang atau jasa yang dihasilkan oleh para kompetitor.
Merek pada dasarnya bukan hanya sekedar nama, tanda, logo ataupun simbol yang membedakan produk tersebut dengan produk pesaing, akan tetapi merek adalah sebuah “janji” produsen atau penjual terhadap para konsumennya. Di mana janji perusahaan tersebut untuk secara konsisten memberikan ciri, manfaat, dan jasa tertentu kepada para konsumennya (Kotler, 2001).
Berdasarkan definisi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa merek adalah nama, logo, atau simbol yang dapat digunakan untuk

mengidendifikasi dan membedakan suatu produk atau jasa dari pesaing yang lain

Tidak ada komentar: