Senin, 06 April 2020

Pengertian Loyalitas Merek (skripsi dan tesis)


Loyalitas merek adalah pilihan yang dilakukan konsumen untuk membeli merek tertentu dibandingkan merek yang lain dalam satu kategori produk (Giddens, 2002). Selain itu, ada juga yang mendefinisikan bahwa, loyalitas merek adalah sikap menyenangi suatu merek yang direpresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek tersebut sepanjang waktu (Setiadi, 2003). Kemudian, hal yang serupa juga diungkapkan oleh Schiffiman dan Kanuk (2010), yang menyatakan bahwa loyalitas merek dianggap sebagai preferensi konsumen yang secara konsisten melakukan pembelian pada merek yang sama pada produk yang spesifik atau kategori pelayanan tertentu.
Arnould, Price, dan Zinkan  (2002) juga yang mendefinisikan bahwa loyalitas merek adalah komitmen konsumen untuk melakukan pembelian ulang terhadap merek tertentu secara konsisten pada masa yang akan datang, tanpa terpengaruh dari adanya situasi dan usaha pemasaran dari merek lain yang dapat berpotensi membuat konsumen tersebut berpindah merek. Dick dan Basu (dalam Mowen & Minor, 2002) juga mendefinisikan bahwa loyalitas merek adalah sejauhmana sikap positif konsumen terhadap suatu merek tertentu, serta minatnya untuk melakukan pembelian dimasa depan.
Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa loyalitas merek adalah komitmen konsumen untuk melakukan pembelian ulang secara konsisten terhadap merek tertentu dibandingkan dengan merek yang lain dalam satu kategori produk.

Tidak ada komentar: