Loyalitas merek adalah pilihan
yang dilakukan konsumen untuk membeli merek tertentu dibandingkan merek yang
lain dalam satu kategori
produk (Giddens, 2002).
Selain itu, ada juga yang mendefinisikan bahwa, loyalitas merek adalah sikap
menyenangi suatu merek yang direpresentasikan dalam pembelian yang konsisten
terhadap merek tersebut sepanjang waktu (Setiadi, 2003). Kemudian, hal yang serupa
juga diungkapkan oleh Schiffiman dan Kanuk (2010), yang menyatakan bahwa loyalitas
merek dianggap sebagai preferensi konsumen yang secara konsisten melakukan
pembelian pada merek yang sama pada produk yang spesifik atau kategori
pelayanan tertentu.
Arnould,
Price, dan Zinkan (2002) juga yang mendefinisikan
bahwa loyalitas merek adalah komitmen konsumen untuk melakukan pembelian ulang
terhadap merek tertentu secara konsisten pada masa yang akan datang, tanpa
terpengaruh dari adanya situasi dan usaha pemasaran dari merek lain yang dapat
berpotensi membuat konsumen tersebut berpindah merek. Dick dan Basu (dalam Mowen & Minor, 2002) juga
mendefinisikan bahwa loyalitas merek adalah sejauhmana sikap positif konsumen
terhadap suatu merek tertentu, serta minatnya untuk melakukan pembelian dimasa
depan.
Berdasarkan
definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa loyalitas merek adalah komitmen konsumen
untuk melakukan pembelian
ulang secara konsisten terhadap
merek tertentu dibandingkan dengan merek yang lain dalam satu kategori produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar