Senin, 06 April 2020

Ciri-ciri Loyalitas Merek Pada Konsumen (skripsi dan tesis)


Menurut Giddens (2002), konsumen yang loyal terhadap suatu merek memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.         Memiliki komitmen pada merek tersebut.
2.         Berani membayar lebih pada merek tersebut, bila dibandingkan dengan merek yang lain.
3.         Akan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.
4.         Tidak melakukan pertimbangan kembali, saat akan membeli merek tersebut.
5.         Selalu mengikuti informasi yang berkaitan dengan merek tersebut.
6.         Mereka dapat menjadi semacam juru bicara dari merek tersebut dan mereka selalu mengembangkan hubungan dengan merek tersebut.
Peneliti mengubah beberapa hal terkait dengan ciri-ciri yang digunakan dalam penelitian ini. Namun, jika diperhatikan terdapat kemiripan pada ciri ke-tiga dan ke-enam, yaitu mengenai merekomendasikan dan menjadi juru bicara, maka dalam penelitian ini peneliti menggabungkan ciri-ciri tersebut menjadi satu ciri. Kemudian, pada ciri ke-enam ada juga yang tidak dimasukan dalam penelitian ini, yaitu mengenai mereka selalu mengembangkan hubungan dengan merek. Hal ini dikarenakan Pond’s jarang mengadakan kegiatan, sehingga konsumen mengalami kesulitan dalam mengembangkan hubungan dengan merek Pond’s. Pond’s terakhir kali menyelenggarakan program Pond’s Beauty Class pada bulan Mei 2009 yang diadakan di 150 sekolah dan lima mall yang tersebar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan (www.kabarindo.com)
Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan ciri-ciri konsumen yang loyal adalah memiliki komitmen terhadap merek, berani membayar lebih pada merek, merekomendasikan merek pada orang lain, tidak melakukan pertimbangan dalam pembelian ulang merek, dan selalu mengikuti informasi yang berkaitan dengan merek.

Tidak ada komentar: