Menurut Giddens (2002), konsumen yang
loyal terhadap suatu merek memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1.
Memiliki komitmen pada
merek tersebut.
2.
Berani membayar lebih
pada merek tersebut,
bila dibandingkan dengan merek yang lain.
3.
Akan merekomendasikan
merek tersebut kepada orang lain.
4.
Tidak melakukan
pertimbangan kembali, saat akan membeli merek tersebut.
5.
Selalu mengikuti
informasi yang berkaitan dengan merek tersebut.
6.
Mereka dapat menjadi
semacam juru bicara dari merek tersebut dan mereka selalu mengembangkan
hubungan dengan merek tersebut.
Peneliti mengubah beberapa hal terkait dengan
ciri-ciri yang digunakan dalam penelitian ini. Namun, jika diperhatikan
terdapat kemiripan pada ciri ke-tiga dan ke-enam, yaitu mengenai merekomendasikan dan menjadi juru bicara,
maka dalam penelitian ini peneliti menggabungkan ciri-ciri tersebut menjadi satu
ciri. Kemudian, pada ciri ke-enam ada juga yang tidak
dimasukan dalam penelitian ini, yaitu mengenai mereka selalu mengembangkan
hubungan dengan merek. Hal ini dikarenakan Pond’s jarang mengadakan
kegiatan, sehingga konsumen
mengalami kesulitan
dalam mengembangkan hubungan dengan merek Pond’s. Pond’s
terakhir kali menyelenggarakan program Pond’s Beauty Class pada bulan Mei 2009 yang
diadakan di 150 sekolah dan lima mall yang tersebar di Jakarta, Bandung,
Yogyakarta, Surabaya, dan Medan (www.kabarindo.com)
Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan ciri-ciri
konsumen yang loyal adalah memiliki komitmen
terhadap merek, berani membayar lebih pada merek, merekomendasikan merek pada
orang lain, tidak melakukan pertimbangan dalam pembelian ulang merek, dan
selalu mengikuti informasi yang berkaitan dengan merek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar