Citra merek merupakan representasi dari
keseluruhan persepsi terhadap suatu merek yang dibentuk dari pengalaman masa
lalu dan informasi terhadap merek itu (Setiadi, 2003). Konsumen yang memiliki
citra merek yang positif, akan lebih cenderung melakukan pembelian (Setiadi,
2003). Citra merek yang positif dapat membantu konsumen untuk menolak aktifitas
yang dilakukan oleh pesaing dan sebaliknya menyukai aktifitas yang dilakukan
oleh merek yang disukainya, serta mencari informasi yang berkaitan dengan merek
tersebut (Schiffman dan Kanuk, 2007). Selain itu, citra merek yang positif juga
membantu meningkatkan minat konsumen pada promosi merek di masa yang akan
datang dan memperkuat posisi dalam menghadapi berbagai kegiatan yang dilakukan
oleh pesaing dalam di bidang pemasaran (Schiffman dan Kanuk, 2007).
Simamora (2002; dalam Fajrianthi & Zatul,
2005) menyatakan citra adalah persepsi yang relatif
konsisten dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, sebelum citra merek terbentuk produsen harus membuat buat produknya
memiliki keunggulan, bila dibandingkan dengan pesaingnya. Hal ini dikarenakan
ketika citra merek sudah terbentuk maka akan sulit untuk mengubahnya.
Kemudian, ada juga yang mendefinisikan
bahwa, citra merek adalah apa yang konsumen pikirkan dan rasakan ketika
mendengar atau melihat nama suatu merek (Hawkins, Best & Coney, 2004). Shimp (2002; dalam Radji, 2009) juga menyatakan bahwa,
citra merek adalah sejenis asosiasi yang muncul dalam pemikiran konsumen ketika
mengingat suatu merek tertentu. Kesan merek yang
muncul dalam ingatan konsumen akan meningkat seiring dengan semakin banyaknya
pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi merek tersebut. Kemudian, ketika
asosiasi-asosiasi dari merek tersebut saling berhubungan semakin kuat maka
citra merek yang terbentuk semakin kuat. Hal inilah yang mendasari konsumen
melakukan pembelian kembali dan menjadi loyal pada merek tersebut (Durianto dkk, 2001; dalam Fajrianthi &
Zatul, 2005).
Berdasarkan uraian tersebut dapat
disimpulkan bahwa citra merek adalah persepsi konsumen ketika mendengar atau
melihat nama dari suatu merek tertentu dan hal ini dibentuk dari pengalaman
masa lalu dan informasi terhadap merek itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar