Senin, 06 April 2020

Pengertian Citra Merek (Skripsi dan tesis)


Citra merek merupakan representasi dari keseluruhan persepsi terhadap suatu merek yang dibentuk dari pengalaman masa lalu dan informasi terhadap merek itu (Setiadi, 2003). Konsumen yang memiliki citra merek yang positif, akan lebih cenderung melakukan pembelian (Setiadi, 2003). Citra merek yang positif dapat membantu konsumen untuk menolak aktifitas yang dilakukan oleh pesaing dan sebaliknya menyukai aktifitas yang dilakukan oleh merek yang disukainya, serta mencari informasi yang berkaitan dengan merek tersebut (Schiffman dan Kanuk, 2007). Selain itu, citra merek yang positif juga membantu meningkatkan minat konsumen pada promosi merek di masa yang akan datang dan memperkuat posisi dalam menghadapi berbagai kegiatan yang dilakukan oleh pesaing dalam di bidang pemasaran (Schiffman dan Kanuk, 2007).
Simamora (2002; dalam Fajrianthi & Zatul, 2005) menyatakan citra adalah persepsi yang relatif konsisten dalam jangka panjang. Oleh sebab itu, sebelum citra merek terbentuk produsen harus membuat buat produknya memiliki keunggulan, bila dibandingkan dengan pesaingnya. Hal ini dikarenakan ketika citra merek sudah terbentuk maka akan sulit untuk mengubahnya.
Kemudian, ada juga yang mendefinisikan bahwa, citra merek adalah apa yang konsumen pikirkan dan rasakan ketika mendengar atau melihat nama suatu merek (Hawkins, Best & Coney, 2004). Shimp (2002; dalam Radji, 2009) juga menyatakan bahwa, citra merek adalah sejenis asosiasi yang muncul dalam pemikiran konsumen ketika mengingat suatu merek tertentu. Kesan merek yang muncul dalam ingatan konsumen akan meningkat seiring dengan semakin banyaknya pengalaman konsumen dalam mengkonsumsi merek tersebut. Kemudian, ketika asosiasi-asosiasi dari merek tersebut saling berhubungan semakin kuat maka citra merek yang terbentuk semakin kuat. Hal inilah yang mendasari konsumen melakukan pembelian kembali dan menjadi loyal pada merek tersebut (Durianto dkk, 2001; dalam Fajrianthi & Zatul, 2005).
Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa citra merek adalah persepsi konsumen ketika mendengar atau melihat nama dari suatu merek tertentu dan hal ini dibentuk dari pengalaman masa lalu dan informasi terhadap merek itu.

Tidak ada komentar: