Senin, 06 April 2020

Komponen Citra Merek (skripsi dan tesis)


Menurut Keller (1993) citra merek terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
a. Attributes (Atribut)
Merupakan pendefinisian deskriptif mengenai fitur-fitur yang ada dalam sebuah produk atau jasa.
 1) Product related attributes (atribut produk):
Didefinisikan sebagai bahan-bahan yang diperlukan agar fungsi produk yang dicari konsumen dapat bekerja. Berhubungan dengan komposisi fisik atau persyaratan dari suatu jasa yang ditawarkan dapat berfungsi.
2) Non-product related attributes (atribut non-produk):
Merupakan aspek eksternal dari suatu produk yang berhubungan dengan pembelian dan konsumsi suatu produk atau jasa. Atribut ini terdiri dari: informasi tentang harga, kemasan dan desain produk, orang, peer group atau selebriti yang menggunakan produk atau jasa tersebut, bagaimana dan dimana produk atau jasa itu digunakan.
b. Benefits (Keuntungan)
Merupakan nilai personal yang dikaitkan oleh konsumen pada atribut-atribut produk atau jasa tersebut. Keuntungan tersebut terdiri dari tiga jenis, yaitu:
1)   Functional benefits : berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan dasar seperti kebutuhan fisik dan keamanan atau pemecahan masalah.
2)   Experiental benefits : berhubungan dengan perasaan yang muncul dengan menggunakan suatu produk atau jasa. Benefit ini memuaskan kebutuhan bereksperimen seperti kepuasan sensori, pencarian variasi, dan stimulasi kognitif.
3)   Symbolic benefits : berhubungan dengan kebutuhan akan persetujuan sosial atau ekspresi personal dan self-esteem seseorang. Konsumen akan menghargai nilai-nilai prestise, eksklusivitas dan gaya fashion dari sebuah merek karena hal-hal ini berhubungan dengan konsep diri mereka.
c. Brand Attitude (Sikap merek)
Didefinisikan sebagai evaluasi keseluruhan atas suatu merek, apa yang dipercayai oleh konsumen mengenai merek-merek tertentu, sejauh apa konsumen percaya bahwa produk atau jasa tersebut memiliki atribut atau keuntungan tertentu, dan penilaian evaluatif terhadap kepercayaan tersebut mengenai bagaimana baik atau buruknya suatu produk jika memiliki atribut atau keuntungan tersebut.
Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa komponen citra merek terdiri dari atribut, keuntungan, dan sikap merek.

Tidak ada komentar: