Keputusan konsumen untuk tetap loyal
terhadap merek tertentu didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan sebagai
berikut (Marconi, 1993; dalam Fajrianthi
& Zatul, 2005) :
a.
Nilai (harga dan
kualitas merek)
Pemakaian
suatu merek dalam waktu yang lama akan mengarahkan pada loyalitas, karena itu
pihak perusahaan harus bertanggung jawab untuk menjaga kualitas merek tersebut.
Jika terjadi penurunan standar
kualitas dari suatu merek, maka akan
menyebabkan konsumen menjadi kecewa, bahkan pada
konsumen yang paling loyal,
begitu pula jika terjadi perubahan pada
harga.
Oleh sebab itu, agar konsumen tetap loyal pada merek
tersebut, pihak perusahaan harus mengontrol kualitas merek beserta harganya.
b.
Citra merek (reputasi merek)
Merek yang
memiliki citra yang baik akan menimbulkan loyalitas konsumen pada merek
tersebut. Merek yang memiliki reputasi yang diakui
secara nasional bahkan internasional, akan lebih dipercaya oleh banyak
konsumen.
c.
Kenyamanan dan
kemudahan mendapatkan merek
Kenyamanan dan kemudahan mendapatkan
merek merupakan faktor yang penting
untuk membangun loyalitas konsumen
pada merek tertentu. Semua kelebihan dari merek tertentu tidak
akan berarti jika merek tersebut tidak mudah
untuk didapat.
Oleh sebab itu, perusahaan dituntut untuk menyediakan produk dari berbagai
merek yang nyaman dan mudah untuk didapatkan. Hal ini perlu dilakukan oleh
perusahaan agar konsumen menjadi loyal pada mereknya.
d.
Kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen merupakan perasaan senang yang dirasakan
konsumen yang berasal dari perbandingan antara harapan dengan hasil kinerja
dari merek tersebut.
e.
Pelayanan
Pelayanan yang
baik yang ditawarkan oleh suatu merek dapat mempengaruhi loyalitas konsumen
pada merek tersebut. Jika konsumen mendapat pelayanan yang kurang baik dari
merek tertentu, maka konsumen akan merasa kecewa sehingga dapat membuat
konsumen tersebut akan beralih ke merek pesaing yang mampu memberikan pelayanan
yang baik.
f.
Garansi atau jaminan
Garansi atau jaminan yang telah diberikan kepada
konsumen saat membeli produk dari merek tertentu tidak semua memanfaatkannya.
Namun, dengan adanya penawaran garansi atau jaminan, hal
ini akan menambah nilai lebih terhadap
merek tersebut.
Berdasarkan
uraian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi
loyalitas merek adalah nilai, citra merek,
kenyamanan dan kemudahan mendapatkan merek, kepuasan konsumen, pelayanan, serta garansi atau jaminan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar