Senin, 06 April 2020

Definisi Kepuasan Konsumen (skripsi dan tesis)


Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapannya (Kotler, 2000). Tjiptono (2004) juga menyatakan hal yang serupa bahwa, pada dasarnya kepuasan konsumen adalah perbedaan antara harapan dan kinerja yang dirasakan oleh konsumen terhadap suatu produk.
Kemudian Wilkie (1994) juga menyatakan bahwa, kepuasan konsumen adalah respon emosional terhadap evaluasi pengalaman mengkonsumsi produk atau jasa. Definisi serupa diungkapkan oleh Oliver (dalam Mowen & Minor, 2002) yang menyatakan bahwa, kepuasan konsumen merupakan keseluruhan sikap yang ditunjukkan konsumen atas barang atau jasa setelah mereka memperoleh dan menggunakannya. Hal ini merupakan penilaian evaluatif pasca pembelian dan pengalaman menggunakan atau mengkonsumsi barang atau jasa tersebut.
Kemudian definisi serupa juga menyatakan bahwa, kepuasan konsumen sebagai penilaian evaluasi pasca pembelian, dimana alternatif yang dipilih sekurang-kurangnya memberi hasil yang sama atau bahkan melampaui harapan konsumen (Engel, 1990; dalam Tjiptono 2004). Oleh sebab itu, dengan terciptanya kepuasan pelanggan dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan, diantaranya hubungan antara perusahaan dan konsumen menjadi lebih harmonis, memberikan dasar yang baik bagi pembelian ulang, membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang dapat menguntungkan bagi perusahaan dan dapat terciptanya loyalitas pelanggan (Tjiptono, 2004). Kotler dan Armstrong (2001) juga menambahkan, konsumen yang merasa puas akan kurang peka terhadap harga, serta akan menjadi pelanggan yang loyal dalam jangka waktu yang lebih lama.
Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen adalah respon emosional atau penilaian evaluasi terhadap barang atau jasa setelah mereka menggunakannya.
                                    

Tidak ada komentar: