Sabtu, 31 Juli 2021
Pengertian Pemasaran (skripsi dan tesis)
Pemasaran adalah kegiatan pokok (central activity) dari suatu perusahaan
yang modern, dengan melayani seluruh kebutuhan manusia (human needs) secara
efektif.Maksud dari definisi kebutuhan tersebut adalah melalui transaksi pertukaran
antara produsen dengan konsumen.Konsep transaksi pertukaran tersebut merupakan
pokok permasalahan dari kegiatan marketing.Marketing transaksi pertukaran,
produsen menawarkan apa yang konsumen perlukan. Lalu pihak produsen,
melaksanakan kegiatan penawarannya yang atraktif (menarik).
Pemasaran meliputi perumusan jenis produk yang diinginkan oleh konsumen,
perhitungan berapa banyak kebutuhan akan produk itu, bagaimana cara menyalurkan
produk tersebut kepada konsumen, seberapa tinggi harga yang seharusnya ditetapkan
terhadap produk tersebut yang cocok dengan kondisi konsumennya, bagaimana cara
promosi untuk mengkomunikasikan produk tersebut kepada konsumen, serta
bagaimana mengatasi kondisi persaingan yang dihadapi oleh perusahaan dan
sebagainya. Oleh karena itu perusahaan harus mampu untuk menjalin hubungan yang
akrab antara perusahaannya dengan masyarakat yang menjadi konsumen bagi produkproduk yang dihasilkan dan dipasarkannya. Hubungan yang baik antara perusahaan
dengan konsumennya akan mendatangkan keuntungan bagi kedua belah pihak.
Pemasaran adalah proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok
mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan,
menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak
lain (Kotler 1997, hal. 8). Stanton menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu sistem
keseluruhan dari kegiatan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan,
menetukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang
memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial
(Dharmmesta dan Irawan, 2001, hal. 5).
Pengertian pemasaran dari kedua pendapat diatas menerangkan bahwa
kegiatan pemasaran mencakup ruang lingkup kegiatan yang sangat luas yang dimulai
dari menetukan kebutuhan konsumen dan diakhiri dengan kepuasan konsumen.
Dengan kata lain kegiatan pemasaran bermula dan berakhir pada konsumen.
Menurut Charles F. Philips Ph.D dan Delbert J. Duncan Ph.D (2004, hal. 1)
menyatakan bahwa marketing oleh para pedagang diartikan sama dengan distribusi
dimaksudkan segala kegiatan untuk menyampaikan barang-barang ketangan
konsumen (rumah tangga) dan ke konsumen industri. Jadi dalam kegiatan marketing
itu tidak termasuk kegiatan perubahan bentuk barang yang kita jumpai didalam
industri.
Selanjutnya pengertian pemasaran menurut Kertajaya (2004, hal. 3)
pemasaran adalah sebuah disiplin bisnis strategis yang mengarahkan proses
penciptaan, penawaran dan perubahan values dari satu inisiator kepada
stakeholdernya.
Menurut Drucker (2004, hal. 3) mengatakan pemasaran bukanlah sekedar
perluasan penjualan, pemasaran meliputi keseluruhan bisnis, dan harus dilihat dari
sudut pelanggan. Hanya pemasaran dan inovasilah yang menghasilkan uang, kegiatan
yang lainnya adalah merupakan pos biaya saja. Dikatakan pemahaman Drucker ini
merupakan peletakan sendi dasar pemasaran sebagai bisnis kunci dalam perusahaan.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar