Sabtu, 31 Juli 2021

Manajemen Pemasaran (skripsi dan tesis)

Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (berupa kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan dan mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan agar tercapai tujuan secara efektif dan efisien (Shinta, 2011). Manajemen pemasaran juga dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan perusahaan (Suyanto, 2007). Perusahaan yang menjalankan manajemen pemasaran membutuhkan strategi pemasaran yang tepat, seperti memilih segmentasi, membangun positioning sampai menjalankan elemen-elemen 4P (product, price, place dan promotion) (Hermawan, 2012). Strategi pemasaran merupakan sebuah rencana yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan penggunaan sumber dayanya untuk mencapati tujuan pemasaran dan perusahaan. Isu dalam strategi pemasaran mencakup seleksi dan evaluasi pasar sasaran serta merancang dan menyusun bauran pemasaran (marketing mix) (Rachmawati, 2011).

Tidak ada komentar: