Sabtu, 31 Juli 2021
Manajemen Pemasaran (skripsi dan tesis)
Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan,
mengimplementasikan (berupa kegiatan mengorganisasikan, mengarahkan dan
mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam
suatu perusahaan agar tercapai tujuan secara efektif dan efisien (Shinta, 2011).
Manajemen pemasaran juga dapat didefinisikan sebagai proses perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide,
barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu
dan perusahaan (Suyanto, 2007).
Perusahaan yang menjalankan manajemen pemasaran membutuhkan
strategi pemasaran yang tepat, seperti memilih segmentasi, membangun
positioning sampai menjalankan elemen-elemen 4P (product, price, place dan
promotion) (Hermawan, 2012). Strategi pemasaran merupakan sebuah rencana
yang memungkinkan perusahaan mengoptimalkan penggunaan sumber dayanya
untuk mencapati tujuan pemasaran dan perusahaan. Isu dalam strategi pemasaran
mencakup seleksi dan evaluasi pasar sasaran serta merancang dan menyusun
bauran pemasaran (marketing mix) (Rachmawati, 2011).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar