Jumat, 30 Juli 2021

Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)

Keputusan pembelian adalah tahapan dalam proses pengambilan keputusan konsumen dimana konsumen benar-benar akan membeli (Kotler & Keller, 2007). Keputusan pembelian konsumen kerapkali dipengaruhi oleh perilaku konsumen. Menurut Engel et al. (1994), perilaku konsumen adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk termasuk proses keputusan yang mendahului dan menyusuli tindakan ini. Pengambilan keputusan dalam membeli suatu produk tentunya berbeda karena berbagai perbedaan yang terdapat pada produk dengan jenis yang sama tapi merek dan spesifikasi produk yang umumnya berbeda. Terkait dengan definisi klasifikasi umum tersebut, keputusan pembelian produk ramah lingkungan dipengaruhi oleh perilaku konsumen hijau dengan perilaku pembeliannya. Perilaku pembelian hijau dapat diterjemahkan sebagai tindakan mengkonsumsi (green consumption) produk yang conservable, bermanfaat bagi lingkungan serta menanggapi keprihatinan terhadap lingkungan (Lee, 2009). Sedangkan pengertian green consumption adalah keputusan yang dibuat konsumen untuk membeli atau tidak membeli berdasarkan setidaknya sebagian kriteria lingkungan melekat pada produk (Peattie, 1995).

Tidak ada komentar: