Jumat, 30 Juli 2021
Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)
Keputusan pembelian adalah tahapan dalam proses pengambilan
keputusan konsumen dimana konsumen benar-benar akan membeli (Kotler
& Keller, 2007). Keputusan pembelian konsumen kerapkali dipengaruhi
oleh perilaku konsumen. Menurut Engel et al. (1994), perilaku konsumen
adalah tindakan yang langsung terlibat dalam mendapatkan,
mengkonsumsi serta menghabiskan produk termasuk proses keputusan
yang mendahului dan menyusuli tindakan ini. Pengambilan keputusan
dalam membeli suatu produk tentunya berbeda karena berbagai perbedaan
yang terdapat pada produk dengan jenis yang sama tapi merek dan
spesifikasi produk yang umumnya berbeda.
Terkait dengan definisi klasifikasi umum tersebut, keputusan
pembelian produk ramah lingkungan dipengaruhi oleh perilaku konsumen
hijau dengan perilaku pembeliannya. Perilaku pembelian hijau dapat
diterjemahkan sebagai tindakan mengkonsumsi (green consumption)
produk yang conservable, bermanfaat bagi lingkungan serta menanggapi
keprihatinan terhadap lingkungan (Lee, 2009). Sedangkan pengertian
green consumption adalah keputusan yang dibuat konsumen untuk
membeli atau tidak membeli berdasarkan setidaknya sebagian kriteria
lingkungan melekat pada produk (Peattie, 1995).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar