Sabtu, 31 Juli 2021
Indikator Minat Beli (skripsi dan tesis)
Menurut Ferdinand (2002:129), minat beli dapat diidentifikasi melalui
indikator-indikator sebagai berikut :
a. Minat transaksional, yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli
produk.
b. Minat Refrensial, yaitu kecenderungan seseorang untuk mereferensikan
produk kepada orang lain. c. Minat preferensial, yaitu minat yang menggambarkan perilaku seseorang
yang memiliki preferensi utama pada produk tersebut. Preferensi ini hanya
dapat diganti jika terjadi sesuatu dengan produk preferensinya.
d. Minat eksploratif, minat ini menggambarkan perilaku seseorang yang
selalu mencari informasi mengenai produk yang diminatinya dan mencari
informasi untuk mendukung sifat-sifat positif dari produk tersebut.
Menurut Ajay dan Goodstein (dalam Yoestini dan Eva 2007:270), jika
ingin mempengaruhi seseorang, maka cara yang terbaik adalah mempelajari
apa yang dipikirkannya, dengan demikian yang akan didapatkan tidak hanya
sekedar informasi tentang orang itu tentu lebih bagaimana proses informasi
itu dapat berjalan.
Dengan adanya minat beli konsumen maka akan tumbuh keinginan
konsumen untuk melakukan proses pembelian/transaksi. Apabila konsumen
memiliki minat beli jangka panjang makan konsumen akan terus menerus
membeli produk dan mencari tahu tentang produk yang diminatinya
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar