Sabtu, 31 Juli 2021
Diferensiasi (skripsi dan tesis)
Menurut Porter (1980), strategi diferensiasi memberi perusahaan peluang
untuk bersaing. Pembedaan tersebut menawarkan perusahaan untuk membedakan
produk atau layanan mereka dan menciptakan sesuatu yang unik (Banker et al.,
2014). Oleh karena itu, diperlukan perbedaan dari pesaing dengan memberikan
informasi, harga, komunikasi, saluran distribusi, dan prestise yang lebih unggul
kepada konsumen. Diferensiasi dapat mengambil berbagai bentuk termasuk proyek R&D, harga, desain, citra merek, teknologi, paten, fitur, layanan pelanggan,
distribusi, jaringan dealer, dan dimensi lainnya (Lin & Chang 2015).
Diferensiasi produk atau layanan dapat menghasilkan permintaan baru atau
memerlukan harga tinggi untuk produk atau layanan yang ada. Salah satu syarat
dari strategi diferensiasi adalah kustomisasi produk yang dilakukan dengan
mengembangkan hubungan dekat dengan pelanggan dan tidak dapat dengan mudah
ditiru oleh pesaing. Dalam jangka panjang, ini juga menghasilkan membangun
loyalitas pelanggan dan kinerja perusahaan yang berkelanjutan (Heskett et al.,
1994). Karena loyalitas pelanggan dan sensitivitas yang lebih rendah terhadap
harga, diferensiasi melindungi perusahaan terhadap persaingan kompetitif.
Berlawanan dengan kepemimpinan biaya, untuk menerapkan strategi
diferensiasi, diperlukan struktur organisasi yang terdesentralisasi dan informal.
Diferensiasi cenderung memfasilitasi inovasi (Russell & Russell 1992). Frambach
et al. (2003) berhipotesis dan mendukung bahwa mengejar strategi diferensiasi
memiliki pengaruh langsung positif yang signifikan pada aktivitas produk baru
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar