Sabtu, 31 Juli 2021

Diferensiasi (skripsi dan tesis)

Menurut Porter (1980), strategi diferensiasi memberi perusahaan peluang untuk bersaing. Pembedaan tersebut menawarkan perusahaan untuk membedakan produk atau layanan mereka dan menciptakan sesuatu yang unik (Banker et al., 2014). Oleh karena itu, diperlukan perbedaan dari pesaing dengan memberikan informasi, harga, komunikasi, saluran distribusi, dan prestise yang lebih unggul kepada konsumen. Diferensiasi dapat mengambil berbagai bentuk termasuk proyek R&D, harga, desain, citra merek, teknologi, paten, fitur, layanan pelanggan, distribusi, jaringan dealer, dan dimensi lainnya (Lin & Chang 2015). Diferensiasi produk atau layanan dapat menghasilkan permintaan baru atau memerlukan harga tinggi untuk produk atau layanan yang ada. Salah satu syarat dari strategi diferensiasi adalah kustomisasi produk yang dilakukan dengan mengembangkan hubungan dekat dengan pelanggan dan tidak dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing. Dalam jangka panjang, ini juga menghasilkan membangun loyalitas pelanggan dan kinerja perusahaan yang berkelanjutan (Heskett et al., 1994). Karena loyalitas pelanggan dan sensitivitas yang lebih rendah terhadap harga, diferensiasi melindungi perusahaan terhadap persaingan kompetitif. Berlawanan dengan kepemimpinan biaya, untuk menerapkan strategi diferensiasi, diperlukan struktur organisasi yang terdesentralisasi dan informal. Diferensiasi cenderung memfasilitasi inovasi (Russell & Russell 1992). Frambach et al. (2003) berhipotesis dan mendukung bahwa mengejar strategi diferensiasi memiliki pengaruh langsung positif yang signifikan pada aktivitas produk baru

Tidak ada komentar: