Sabtu, 31 Juli 2021
Persepsi Nilai Terhadap Produk Hijau (skripsi dan tesis)
Persepsi nilai yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah penilaian
konsumen secara keseluruhan akan faedah dari suatu produk berdasarkan
persepsi mengenai apa yang telah mereka terima dan apa yang telah mereka
berikan. Hauser dan Zeithalm (dalam Siburan 2011:30). Zeithaml (1988)
mendefinisikan bahwa persepsi nilai adalah penilaian menyeluruh atas
kegunaan suatu produk berdasarkan persepsi atas apa yang diterima dan apa
yang dikorbankan. Persepsi atas produk diterima sangat bervariasi diantara
konsumen, misalnya ada yang menginginkan jumlah, sebagian menginginkan
kualitas dan lainnya menginginkan kenyamanan.
Persaingan yang semakin ketat, mengharuskan perusahaan tetap
menjaga keberlangsungannya, dengan cara mempertahankan pelanggan. Hal
ini dapat dilakukan dengan menanamkan persepsi subjektif kepada konsumen
saat pengonsumsian barang atau jasa, sehingga konsumen berminat untuk
melakukan pembelian ulang (Musaddad, 2011).
Aaker (1996) menyatakan bahwa ada tiga nilai yang dijanjikan oleh
sebuah merek, yaitu nilai fungsional, nilai emosional, dan nilai ekspresi diri.
a. Nilai Fungsional Merupakan nilai yang berasal dari atribut produk, yang langsung
memberikan kegunaan fungsional kepada konsumen. Suatu merek dapat
mendominasi kategori apabila memiliki keunggulan fungsional, namun,
keunggulan ini mudah ditiru dan dikalahkan oleh pesaing.
b. Nilai Emosional
Nilai emosional yang diberikan oleh suatu merek berhubungan dengan
perasaan yang ditimbulkan pada saat membeli atau menggunakan merek
tersebut. Nilai emosional biasanya berkaitan dengan nilai fungsional.
Apabila suatu merek memiliki nilai fungsional yang baik maka dapat
mempengaruhi nilai emosional konsumen. Pada saat terdapat banyak
merek dengan nilai fungsional yang sama saling bersaing, maka mereka
akan menjadi lebih unggul dibandingkan dengan merek lain karena
memiliki nilai emosional. Suatu merek terkadang bisa saja hanya
menawarkan manfaat emosional. Pada produk dengan diferensiasi rendah.
c. Nilai Ekspresi Diri
Nilai ekspresi diri berkaitan dengan bagaimana perasaan seseorang
mengenai dirinya di mata orang lain maupun pada dirinya. Emosional
berpusat pada diri sendiri, sedangkan nilai ekspresi diri berpusat pada
publik. Nilai ekspresi diri berkaitan dengan bagaimana pandangan orang
lain terhadap seseorang.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar