Sabtu, 31 Juli 2021

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Brand Image (skripsi dan tesis)


Menurut (Shiffman dan kanuk, 2008) menyebutkan faktor-faktor
pembentuk brand image adalah sebagai berikut:
a. Kualitas atau mutu, berkaitan dengan kualitas produk yang ditawarkan
oleh produsen dengan brand tertentu.
b. Dapat dipercaya atau diandalkan, berkaitan dengan pendapat dan
kesepakatan yang di bentuk oleh masyarakat tentang suatui produk yang
dikonsumsi.
c. Kegunaan atau manfaat, yang terkait dengan fungsi dari suatu produk yang
bisa dimanfaatkan oleh konsumen.
d. Pelayanan, yang berkaitan dangan tugas produsen dalam melayani
konsumennya.
e. Resiko berkaitan dengan untung rugi yang dialami oleh konsumen.
f. Harga, dalam hal ini berkaitan dengan tinggi rendahnya atau banyak
sedikitnya jumlah uang yang dikeluarkan konsumen untuk mempengaruhi
suatu produk, juga dapat mempengaruhi citra jangka panjang.
g. Image, yang dimiliki brand itu sendiri, yaitu berupa pelanggan,
kesempatan dan informasi yang berkaitan dengan suatu brand dari produk
tertentu.
Sedangkan (Kertajaya, 2007) menyebutkan bahwa brand image di
benak konsumen dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
a. Komunikasi dari sumber lain yang belum tentu sama dengan yang
dilakukan pemasar. komunukasi bisa datang dari konsumen lain, pengecer
dan pesaing.
b. Pengalaman konsumen melalui suatu eksperimen yang dilakukan
konsumen dapat mengubah persepsi yang dimiliki sebelumnya. Oleh sebab
itu, jumlah berbagai persepsi yang timbul itulah yang akan membentuk
total image of brand (citra keseluruhan sebuah brand).
c. Pengembangan produk: posisi brand terhadap produk memang cukup
unik. disatu sisi, merupakan payung bagi produk, artinya dengan dibekali
brand tersebut, produk dapat naik nilainya. Di sisi lain, performa ikut
membentuk brand image yang memayunginya dan tentunya konsumen
akan membangdingkan antara performa produk yang telah dirasakan
dengan janji brand dalam slogan.
Menurut Timmerman (2001) brand image sering terkonseptualisasi
sebagai sebuah koleksi dari semua asosiasi yang berhubungan dengan sebuah
brand. Citra brand terdiri dari:
a. Faktor fisik: karakteristik dari brand tersebut, seperti desain kemasan,
logo, nama brand, fungsi dan kegunaan produk dari brand itu.
b. Faktor psikologis: di bentuk oleh emosi, kepercayaan, nilai, kepribadian
yang dianggap oleh konsumen menggambarkan produk dari brand
tersebut.
Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa faktor-faktor
pembentuk brand image yaitu faktor fisik (kemasan, logo, nama brand) dan
faktor psikologis (kepercayaan, nilai, kepribadian ), kualitas atau mutu, dapat
dipercaya, manfaat dan harga. Brand image sangat erat kaitananya dengan
apa yang orang pikirkan, rasakan terhadap suatu brand tertentu sehingga
dalam citra brand faktor psikologis lebih banyak berperan dibandingkan
faktor fisik dari brand tersebut.

Tidak ada komentar: