Jumat, 30 Juli 2021
Dimensi Strategi Harga (skripsi dan tesis)
Menurut Tjiptono (2001), terdapat sejumlah dimensi strategi
harga, yakni:
1). Harga memengaruhi citra dan strategi positioning. Dalam
pemasaran produk prestisius yang mengutamakan citra kualitas
dan eksklusivitas, harga menjadi unsur penting. Harga cenderung
mengasosiasikan dengan tingkat kualitas produk. Harga yang
mahal dipersepsikan mencerminkan kualitas yang tinggi dan
sebaliknya.
2). Harga merupakan pernyataan nilai dari suatu produk (a statement
of value). Nilai adalah rasio perbandingan antara persepsi terhadap
manfaat (perceive benefits) dengan biaya-biaya yang dikeluarkan
untuk mendapat produk. Manfaat atau nilai pelanggan total
meliputi nilai produk (reabilitas, durabilitas, kinerja dan nilai jual
kembali), nilai layanan (pengiriman produk, pelatihan,
pemeliharaan, reparasi dan garansi), nilai personil (kompetensi,
keramahan, kesopanan, responsivitas dan empati) dan nilai citra
(reputasi produk, distributor dan produsen). Sedangkan biaya
pelanggan total mencakup biaya moneter (harga yang
dibayarkan), biaya waktu, biaya energi dan psikis.
3). Harga bersifat fleksibel, artinya dapat disesuaikan secara cepat.
Dari empat unsur bauran pemasaran tradisional, harga adalah elemen yang paling mudah diubah dan diadaptasikan dengan
dinamika pasar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar