Sabtu, 31 Juli 2021
Hubungan Masyarakat (Public Relations) (skripsi dan tesis)
Hubungan masyarakat merupakan berbagai program yang dirancang untuk
mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing-masing
produknya. Perusahaan pada umumnya berpaling ke hubungan masyarakat
pemasaran untuk langsung mendukung promosi dan pembentukan citra
perusahaan atau produk (Kotler dan Keller, 2008). Hubungan masyarakat berupa
upaya komunikasi menyeluruh dari suatu perusahaan bertujuan untuk
memengaruhi persepsi, opini, keyakinan dan sikap berbagai kelompok terhadap
perusahaan. Kelompok yang dimaksud adalah mereka yang terlibat, mempunyai
kepentingan dan dapat memengaruhi kemampuan perusahaan dalam mencapai
tujuannya. Hubungan masyarakat dapat dilakukan oleh suatu lembaga formal
dalam bentuk biro, departemen maupun seksi hubungan masyarakat dalam
struktur organisasi. Tujuan utama dari sebuah departemen humas adalah untuk
meningkatkan reputasi perusahaan (Hermawan, 2012).
Hubungan masyarakat didefinisikan sebagai fungsi promosional yang
menggunakan komunikasi dua arah untuk mencocokkan kebutuhan dan minat
lembaga atau orang dengan kebutuhan dan minat berbagai lapisan masyarakat
dengan apa lembaga dan orang harus berkomunikasi (Boyd et al., 2000).
Hubungan masyarakat serta publisitas memiliki keunggulan tersendiri
dibandingkan bauran komunikasi yang lain. Keunggulan tersebut diantaranya yaitu memiliki kredibilitas yang tinggi, sebagai alternatif alat komunikasi dan
mempunyai teknik-teknik untuk dapat mendramatisasi kondisi produk selain
melalui iklan dengan caranya sendiri (Amir, 2005).
Sarana komunikasi umum dari hubungan masyarakat diantaranya yaitu
peralatan pers, ceramah, seminar, laporan tahunan, sumbangan amal, pemberitaan,
hubungan lingkungan tetangga, lobi, media identitas, serta majalah perusahaan.
Acara khusus dapat berupa acara olahraga, hiburan, festival, seni, kegiatan amal,
wisata perusahaan, museum perusahaan dan kegiatan jalanan. Alat- alat utama
dalam hubungan masyarakat adalah penerbitan, acara, berita, ceramah, kegiatan
layanan masyarakat dan media identitas (Kotler dan Keller, 2008).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar