Sabtu, 31 Juli 2021
Dimensi Pemasaran Hijau (skripsi dan tesis)
Adapun dimensi Green Marketing dalam Angeline (2015) dengan
judul penelitiannya “Hubungan Green Marketing Terhadap Pilihan
Konsumen” menyebutkan dimensi green marketing terdiri dari 4P, yang
meliputi: green product, green price, green place, dan green promotion.
a. Green Product/ Produk Ramah Lingkungan
Produk ramah lingkungan merupakan produk yang dihasilkan aman untuk
dikonsumsi dan tidak berdampak negatif bagi lingkungan. Perusahaan
yang menghasilkan produk ramah lingkungan juga mengembangkan tanggung jawab produk yang berwawasan lingkungan agar memiliki
pengaruh besar terhadap pesaing.
b. Green Price/ Harga Ramah Lingkungan
Harga ramah lingkungan merupakan sejumlah uang yang dikeluarkan oleh
konsumen untuk mendapatkan produk ramah lingkungan. Kebanyakan
para konsumen bersedia membeli dengan harga mahal dari harga biasanya
jika produk yang dibelinya memiliki poin lebih bila dibandingkan dengan
produk biasa.
c. Green Place/ Saluran Distribusi Ramah Lingkungan
Saluran distribusi ramah lingkungan merupakan suatu proses menyalurkan
produk ramah lingkungan yang tidak memberikan efek negatif pada
lingkungan dan dapat mencegah pencemaran udara yang berlebihan
dengan membuka cabang di seluruh wilayah Indonesia. Penjual yang ingin
mencapai kesuksesan dalam penjualan produk ramah lingkungan harus
memposisikan produknya secara luas di pasar sehingga dapat dikenali
masyarakat luas dikarenakan sedikit pelanggan yang benar-benar hanya
ingin membeli produk berdasarkan keramahan lingkungan saja.
d. Green Promosi ramah lingkungan
Merupakan proses memperkenalkan produk ramah lingkungan pada
masyarakat dengan berbagai aksi ramah lingkungan. Perusahaan yang
peduli terhadap konsumen dan lingkungan akan menerapkan komunikasi
berkelanjutan secara intensif dalam meningkatkan pengertian masyarakat
terhadap produk ramah lingkungan yang dijualnya.Promotion/ Promosi
ramah lingkungan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar