Sabtu, 31 Juli 2021

Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)

Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan sebagai pemilihan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif seorang konsumen yang hendak melakukan pilihan dan memilih salah satu diantaranya (Sumarwan, 2011). Lima tahap yang dilalui konsumen dalam proses pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pembelian (Simamora, 2000). Kegiatan promosi yang ingin dilakukan selain harus mengetahui produk atau jasa yang akan dibuatkan promosinya, penyelenggara promosi juga harus mengetahui perilaku para pembeli atau target konsumennya. Perilaku yang paling penting yang berhubungan dengan kegiatan promosi penjualan tersebut merupakan tahapan yang dilalui calon pembeli untuk membuat keputusan pembelian atau produk yang ditawarkan (Haryadi, 2005). Keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologi dari pembeli. Faktor-faktor tersebut sebagian besar tidak dapat dikendalikan oleh perusahaan. Faktor kebudayaan memiliki pengaruh yang paling luas dalam perilaku konsumen karena merupakan penentu keinginan dan perilaku seseorang yang paling mendasar, sedangkan faktor sosial yang berpengaruh terhadap perilaku konsumen diantaranya adalah kelompok acuan, keluarga, peran dan status dalam masyarakat. Keputusan pembelian juga dapat dipengaruhi oleh faktor internal dari setiap individu seperti faktor pribadi berupa usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, gaya hidup dan kepribadian maupun faktor psikologi berupa motivasi, persepsi dan sikap (Kotler, 2007). Konsumen dalam membeli suatu produk akan memilih berdasarkan pada apa yang paling dibutuhkan dan sesuai dengan dirinya. Lima peran yang terjadi dalam keputusan membeli, yaitu pemrakarsa (initiator), pemberi pengaruh (influencer), pengambil keputusan (decider), pembeli (buyer) dan pemakai (user) (Simamora, 2000). Keputusan pembelian juga terdiri dari beberapa indikator, diantaranya yaitu kemantapan pada sebuah produk, kebiasaan dalam membeli produk, memberikan rekomendasi kepada orang lain dan melakukan pembelian ulang (Kotler, 2007).

Tidak ada komentar: