Sabtu, 31 Juli 2021
Keputusan Pembelian (skripsi dan tesis)
Keputusan pembelian merupakan suatu keputusan sebagai pemilihan suatu
tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif seorang konsumen yang hendak
melakukan pilihan dan memilih salah satu diantaranya (Sumarwan, 2011). Lima
tahap yang dilalui konsumen dalam proses pembelian, yaitu pengenalan masalah,
pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku
pembelian (Simamora, 2000). Kegiatan promosi yang ingin dilakukan selain harus
mengetahui produk atau jasa yang akan dibuatkan promosinya, penyelenggara
promosi juga harus mengetahui perilaku para pembeli atau target konsumennya.
Perilaku yang paling penting yang berhubungan dengan kegiatan promosi
penjualan tersebut merupakan tahapan yang dilalui calon pembeli untuk membuat
keputusan pembelian atau produk yang ditawarkan (Haryadi, 2005). Keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh faktor kebudayaan, sosial,
pribadi dan psikologi dari pembeli. Faktor-faktor tersebut sebagian besar tidak
dapat dikendalikan oleh perusahaan. Faktor kebudayaan memiliki pengaruh yang
paling luas dalam perilaku konsumen karena merupakan penentu keinginan dan
perilaku seseorang yang paling mendasar, sedangkan faktor sosial yang
berpengaruh terhadap perilaku konsumen diantaranya adalah kelompok acuan,
keluarga, peran dan status dalam masyarakat. Keputusan pembelian juga dapat
dipengaruhi oleh faktor internal dari setiap individu seperti faktor pribadi berupa
usia dan tahap siklus hidup, pekerjaan, gaya hidup dan kepribadian maupun faktor
psikologi berupa motivasi, persepsi dan sikap (Kotler, 2007).
Konsumen dalam membeli suatu produk akan memilih berdasarkan pada
apa yang paling dibutuhkan dan sesuai dengan dirinya. Lima peran yang terjadi
dalam keputusan membeli, yaitu pemrakarsa (initiator), pemberi pengaruh
(influencer), pengambil keputusan (decider), pembeli (buyer) dan pemakai (user)
(Simamora, 2000). Keputusan pembelian juga terdiri dari beberapa indikator,
diantaranya yaitu kemantapan pada sebuah produk, kebiasaan dalam membeli
produk, memberikan rekomendasi kepada orang lain dan melakukan pembelian
ulang (Kotler, 2007).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar