Sabtu, 31 Juli 2021

Konsep Brand dan Tujuan Penggunaan Brand (skripsi dan tesis)

Pembuatan brand tidak hanya mengenai urbiquitas, visibilitas dan fungsional, tetapi juga menyangkut ikatan emosional dengan manusia dalam hidup branda sehari-hari. Ketika produk atau jasa menyatakan dialog emosional dengan pelanggan, produk atau jasa akan menyatakan kualitasnya melalui brand.  Brand adalah value indikator kinerja yang dikembangkan melalui strategi, program dan value yang tepat yang diberikan kepada pelanggan sebagai: a. Kombinasi (tidak selalu) dari desain, symbol (logo), tanda dan nama yang mengidentifikasi dan membedakan produk perusahaan dan pesaing. b. Kontrak yang tertulis tentang nilai intristik dan keunggulan produk dengan pemakainya. c. Upaya manajemen untuk memperlihatkan integritas produk perusahaan. d. Janji penjual untuk secara konsisten menyampaikan serangkaian ciri-ciri, manfaat dan jasa tertentu kepada para pembeli. e. Pernyataan kepercayaan dan penggunaan risiko. Banyak menyebut bahwa desain, warna, gerak, atau kombinasi atribut-atribut produk lainnya memberikan identitas dan diferensiasi terhadap produk pesaing. Produk yang baik dapat menyampaikan makna tambahan tentang jaminan kualitas produk yang memiliki keunikan yang khas, menggambarkan sesuatu mengenai manfaat produk bagi pemakainya, mudah diucapkan, dikenali dan diingat, dan tidak mengandung arti yang buruk di Negara dan bahasa lain, serta dapat menyesuaikan diri dengan produk-produk baru yang mungkin ditambahkan ke dalam lini produk. Sedangkan tujuan penggunaan brand dapat di uraikan satu persatu dibawah ini: a. Sebuah identitas, yang bermanfaat sebagai pengenali pasar dalam diferensiasi produk dengan produk pesaing yang memudahkan konsumen untuk mengenalinya saat melakukan pembelian ulang. b. Alat promosi, yaitu sebagai daya tarik produk c. Untuk membina citra, yang memberikan keyakinan jaminan kualitas, serta prestise tertentu kepada konsumen d. Menciptakan keuntungan kompetitif, jika brand yang memiliki ekuitas yang tinggi akan menghasilkan keuntungan sebagai berikut: 1) Dapat memberikan pertahanan terhadap persaingan harga yang kompetitif 2) Perusahaan akan lebih mudah meluncurkan perluasan brand, kepada peroduk yang memiliki kredibilitas yang tinggi 3) Mampu bertahan pada harga yang lebih tinggi dari pesaing, karena konsumen memiliki keyakinan terhadap kualitas produk 4) Pelanggan sangat mengharapkan brand yang mereka maksud sehingga posisi tawar menawar produsen dengan distributor-pengecer lebih kuat 5) Karena tingkat kesadaran dan kesetiaan konsumen terhadap brand sangat tinggi, maka perusahaan dapat menikmati biaya pemasaran yang lebih rendah.

Tidak ada komentar: