Sabtu, 31 Juli 2021

Bauran Pemasaran (Marketing Mix) (skripsi dan tesis)

Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mengejar tujuan perusahaannya (Kotler dan Keller, 2007). Bauran pemasaran merupakan kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak, saluran distribusi yang baik dan promosi yang efektif (Fuad et al., 2006). Perangkat yang terdapat dalam bauran pemasaran akan menentukan tingkat keberhasilan pemasaran dan ditujukan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari pasar sasaran (Selang, 2013). Bauran pemasaran sendiri lebih dikenal dengan nama 4P (Rangkuti, 2004). Empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P tersebut adalah product (produk), price (harga), place (tempat, termasuk juga distribusi) dan promotion (promosi) (Hermawan, 2012). 1. Produk adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan. 2. Harga adalah sejumlah konpensasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa. 3. Distribusi adalah alat yang digunakan oleh produsen atau berbagai aktivitas perusahaan untuk menyalurkan produk agar sampai kepada konsumen. 4. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan (Fuad et al., 2006). Perusahaan yang melakukan bauran pemasaran dapat mencapai target market yang sesuai dengan pembeli potensial. Mengingat satu dari empat komponen bauran pemasaran, yaitu promosi memegang peranan yang sangat penting, bauran pemasaran juga harus dipertimbangkan dalam menyusun strategi pemasaran. Kombinasi antara bauran promosi dan bauran pemasaran yang tepat sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Melakukan promosi hingga dapat memotivasi konsumen untuk membeli produk (pull strategy) merupakan pendekatan yang menciptakan permintaan lebih banyak dibandingkan dengan mendorong produk melalui saluran distribusi (push strategy) karena konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan (Rangkuti, 2002). 

Tidak ada komentar: