Sabtu, 31 Juli 2021
Bauran Pemasaran (Marketing Mix) (skripsi dan tesis)
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mengejar tujuan perusahaannya (Kotler dan Keller, 2007).
Bauran pemasaran merupakan kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling
menunjang satu sama lain. Keberhasilan perusahaan di bidang pemasaran
didukung oleh keberhasilan dalam memilih produk yang tepat, harga yang layak,
saluran distribusi yang baik dan promosi yang efektif (Fuad et al., 2006).
Perangkat yang terdapat dalam bauran pemasaran akan menentukan
tingkat keberhasilan pemasaran dan ditujukan untuk mendapatkan respon yang
diinginkan dari pasar sasaran (Selang, 2013). Bauran pemasaran sendiri lebih
dikenal dengan nama 4P (Rangkuti, 2004). Empat komponen dalam pemasaran
yang terdiri dari 4P tersebut adalah product (produk), price (harga), place (tempat,
termasuk juga distribusi) dan promotion (promosi) (Hermawan, 2012).
1. Produk adalah barang atau jasa yang bisa ditawarkan di pasar untuk
mendapatkan perhatian, permintaan, pemakaian atau konsumsi yang dapat
memenuhi keinginan atau kebutuhan.
2. Harga adalah sejumlah konpensasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan
sejumlah kombinasi barang atau jasa.
3. Distribusi adalah alat yang digunakan oleh produsen atau berbagai
aktivitas perusahaan untuk menyalurkan produk agar sampai kepada
konsumen.
4. Promosi adalah kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk mendorong
konsumen membeli produk yang ditawarkan (Fuad et al., 2006). Perusahaan yang melakukan bauran pemasaran dapat mencapai target
market yang sesuai dengan pembeli potensial. Mengingat satu dari empat
komponen bauran pemasaran, yaitu promosi memegang peranan yang sangat
penting, bauran pemasaran juga harus dipertimbangkan dalam menyusun strategi
pemasaran. Kombinasi antara bauran promosi dan bauran pemasaran yang tepat
sangat penting untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.
Melakukan promosi hingga dapat memotivasi konsumen untuk membeli produk
(pull strategy) merupakan pendekatan yang menciptakan permintaan lebih banyak
dibandingkan dengan mendorong produk melalui saluran distribusi (push
strategy) karena konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk yang
ditawarkan (Rangkuti, 2002).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar