Sabtu, 31 Juli 2021

Cost Leadership (skripsi dan tesis)

Menurut Porter (1980), strategi cost leadership memerlukan meminimalisir biaya di berbagai bidang, seperti pada biaya layanan, iklan, R&D, pengurangan biaya dari pengalaman yang pernah dilakukan, mengontrol biaya dengan ketat, dan kontrol overhead. Selain menjaga kualitas dan layanan, perhatian besar manajer adalah memiliki biaya relatif lebih rendah daripada pesaing. Perusahaan yang mengejar strategi cost leadership harus terus-menerus membandingkan diri mereka dengan pesaing untuk mengevaluasi bagaimana posisi biaya atau harga mereka di dalam pasar (Day & Wensley 1988). Posisi perusahaan dalam pembiayaan rendah melindungi perusahaan dari kekuatan kompetitif. Ini memberikan perusahaan kekuatan untuk mempertahankan diri terhadap persaingan dari pesaing, pembeli yang kuat, dan pemasok. Dengan meminimalisir biaya melalui skala ekonomi, strategi cost leadership meningkatkan pangsa pasar perusahaan, dan hal ini merupakan keuntungan untuk perusahaan (Nayyar 1993). Namun, terlalu menekankan pada pengurangan biaya dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk menanggapi perubahan dalam lingkungan ekonomi, teknologi, dan kebutuhan pelanggan atau pasar. Oleh karena itu, ada risiko tertentu yang terkait dengan keunggulan biaya. Struktur pasar dan lingkungan ekonomi memengaruhi pilihan strategi perusahaan. Sebagai contoh, telah dikemukakan bahwa strategi cost leadership tampaknya lebih cocok untuk lingkungan yang stabil dan dapat diprediksi. Sedangkan diferensiasi dan fokus lebih sesuai untuk pasar yang dinamis dan tidak pasti (Porter 1980).

Tidak ada komentar: