Sabtu, 31 Juli 2021
Cost Leadership (skripsi dan tesis)
Menurut Porter (1980), strategi cost leadership memerlukan meminimalisir
biaya di berbagai bidang, seperti pada biaya layanan, iklan, R&D, pengurangan
biaya dari pengalaman yang pernah dilakukan, mengontrol biaya dengan ketat, dan
kontrol overhead. Selain menjaga kualitas dan layanan, perhatian besar manajer
adalah memiliki biaya relatif lebih rendah daripada pesaing. Perusahaan yang
mengejar strategi cost leadership harus terus-menerus membandingkan diri mereka
dengan pesaing untuk mengevaluasi bagaimana posisi biaya atau harga mereka di
dalam pasar (Day & Wensley 1988). Posisi perusahaan dalam pembiayaan rendah melindungi perusahaan dari
kekuatan kompetitif. Ini memberikan perusahaan kekuatan untuk mempertahankan
diri terhadap persaingan dari pesaing, pembeli yang kuat, dan pemasok. Dengan
meminimalisir biaya melalui skala ekonomi, strategi cost leadership meningkatkan
pangsa pasar perusahaan, dan hal ini merupakan keuntungan untuk perusahaan
(Nayyar 1993). Namun, terlalu menekankan pada pengurangan biaya dapat
menyebabkan ketidakmampuan untuk menanggapi perubahan dalam lingkungan
ekonomi, teknologi, dan kebutuhan pelanggan atau pasar. Oleh karena itu, ada
risiko tertentu yang terkait dengan keunggulan biaya.
Struktur pasar dan lingkungan ekonomi memengaruhi pilihan strategi
perusahaan. Sebagai contoh, telah dikemukakan bahwa strategi cost leadership
tampaknya lebih cocok untuk lingkungan yang stabil dan dapat diprediksi.
Sedangkan diferensiasi dan fokus lebih sesuai untuk pasar yang dinamis dan tidak
pasti (Porter 1980).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar