Sabtu, 31 Juli 2021
Sosial media Marketing (skripsi dan tesis)
Media Sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa
dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,
social network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog,
jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling
umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial
pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter
misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan
menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa
mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap
arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia.
Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan
media massa konvensional dalam menyebarkan beritaberita.
Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang
seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional
seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga
kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media
sosial bisa mengakses menggunakan social media dengan jaringan internet
bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal
dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna media sosial
dengan bebas bisa mengubah, menambahkan, memodifikasi baik tulisan,
gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.
Menurut Dalilah (2011:4) Media sosial tidak hanya dimanfaatkan untuk
kegiatan mengirim pesan saja namun juga ada fungsi dan manfaatnya:
1. Pencitraan atau memasarkan diri dalam arti positif, dalam hal ini juga
dengan prestige dan kemauan untuk update teknologi informasi.
2. Media transaksi dan pemikiran dalam hal perdagangan, politik, budaya,
bahkan dimungkinkan juga di bidang pendidikan. 3. Menambah wawasan atau pengetahuan dengan sarana Information Sharing
dan Comment
4. Bila anda memiliki blog, blog meningkatkan Prestice dari perusahaan,
apabila anda mempunyai suatu perusahaan yang cukup terkenal dan
berkembang, tetapi anda tidak mempunyai situs maupun blog. Maka para
costumer akan menilai perusahaan yang anda kelola kurang bonafit, dan
tentunya hal ini akan menurunkan daya saing perusahaan anda.
Media sosial online merupakan media yang didesain untuk
memudahkan interaksi sosial bersifat interaktif dengan berbasis teknologi
internet yang mengubah pola penyebaran informasi dari sebelumnya
bersifat broadcast media monologue (satu ke banyak audiens) ke social
media dialogue (banyak audiens ke banyak audiens). Jenis serta komposisi
media sosial online di dunia virtual sangat beragam, antara lain jejaring
sosial (Facebook, Friendster, Linkedln, dan sebagainya), microblogging
platform (Twitter, Plurk, Koprol, dan lain-lain), jejaring berbagi foto serta
video (Flickr, Youtube, dan sebagainya), Podcast, Chat rooms, Message
board, Forum, Mailing list, serta masih banyak lainnya.
Media sosial mempunyai beberapa karakter dan kriteria yang
berbeda sesuai dengan fungsi dan kegunaan masing-masing. Perbedaan
fungsi dan kegunaan menjadikan tipe media sosial menjadi lebih beragam.
Situs media sosial datang dalam berbagai jenis yaitu sebagai berikut :
1. Situs Jaringan Sosial
Bentuk yang paling populer jaringan sosial berputar di sekitar situs
web seperti Facebook, dan MySpace. Situs ini dibangun khusus untuk
26
untuk berhubungan dengan orang lain. Pengguna mulai dengan
menciptakan profil pengguna yang dapat mencakup biografi,
kepentingan, foto dan video, catatan, dan bahkan blog. Mereka
kemudian dapat menggunakan situs untuk menemukan kenalan, rekan,
teman, dan anggota keluarga, dan daftar mereka dalam profilnya
sebagai teman, kontak, atau kolega. Beberapa jaringan sosial seperti
Facebook dan MySpace terfokus pada hubungan teman dan keluarga.
2. Blogging
Sebuah blog yang berasal dari weblog namanya adalah sebuah situs
web yang sering diperbarui yang menunjukkan pembaruan dalam
urutan kronologis terbalik (yang terbaru di atas). Pembaruan ini bisa
mengambil bentuk entri jurnal, artikel, atau link. Beberapa blog dapat
memiliki sebanyak puluhan posting per hari, sementara beberapa blog
mungkin jarang posting harian atau mingguan. Blog juga biasanya
memiliki kategori atau arsip, memungkinkan komentar pengguna, dan
menawarkan sindikasi konten melalui RSS. Blog sebelumnya domain
individu, atau mungkin sebuah kelompok kecil, namun blog yang
sukses seperti TechCrunch, Mashable, dan Lifehacker telah membantu
mengubah persepsi blog dan mendorong mereka ke mainstream.
TechCrunch, misalnya, mengklaim memiliki lebih dari lima juta
subscribers.
3. Microblogging
Microblogs memungkinkan untuk mengirim pembaruan pendek,
terbatas pada karakter, tentang kehidupan, pekerjaan, atau apa pun. Pembaruan dikirim melalui pesan instan, pesan teks SMS, atau pada
situs web untuk orang-orang yang mengikuti pembaruan kita. Layanan
microblogging baru-baru ini mereka mengalami adopsi massa yang
luas. Twitter adalah layanan microblogging yang paling populer.
Banyak yang lebih besar situs web jaringan sosial, seperti Facebook
dan LinkedIn, juga menggabungkan fitur update status, yang dapat
dilihat sebagai semacam built-in microblog sendiri. Microblogs sering
dapat dimasukkan ke dalam situs web dan blog dengan menunjukkan
entri terbaru atau jumlah entri terkini (Elley, 2009:112-117).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar