Sabtu, 31 Juli 2021

Promosi (Promotion) (skripsi dan tesis)

Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran berupa aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk serta meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli serta loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan (Tjiptono, 2007). Istilah promosi dalam konteks pemasaran sudah dirumuskan ulang. Para pemasar menyadari bahwa urusan meyampaikan segala sesuatu tentang perusahaan sesungguhnya adalah upaya komunikasi, sehingga kini orang lebih suka menyebutnya dengan komunikasi pemasaran. Istilah tersebut dirumuskan karena upaya seperti iklan atau promosi penjualan adalah upaya 11 penyampaikan pesan-pesan tertentu kepada berbagi pihak, termasuk untuk konsumen (Amir, 2005). Istilah promosi banyak diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan. Strategi promosi berarti sebuah program terkendali dan terpadu dari metode komunikasi dan material yang dirancang untuk menghadirkan perusahaan dan produk-produknya kepada calon konsumen. Strategi promosi juga dirancang untuk menyampaikan ciri-ciri produk yang memuaskan kebutuhan untuk mendorong penjualan yang pada akhirnya memberi kontribusi pada kinerja laba jangka panjang. Pengembangan strategi promosi yang efektif sangat bergantung pada seberapa baik perusahaan melakukan tahap-tahap awal dalam proses manajamen pemasaran, khususnya yang berhubungan dengan pemahaman perilaku pembeli, segmentasi pasar, analisa persaingan, penetapan pasar sasaran dan penentuan posisi produk (Boyd et al., 2000). Kegiatan promosi biasanya merupakan salah satu komponen yang menjadi prioritas dari kegiatan pemasaran (Hermawan, 2012). Promosi membentuk banyak fungsi bagi konsumen. Konsumen dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan mengapa sebuah produk digunakan, oleh orang seperti apa dan dimana serta kapan. Konsumen juga dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa yang dipertahankan perusahaan dan merek, serta konsumen dapat diberikan satu insentif atau imbalan untuk percobaan atau penggunaan (Kotler dan Keller, 2008). Jenis-jenis promosi atau lebih dikenal dengan bauran promosi terdiri dari periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, kehumasan dan penjualan pribadi.

Tidak ada komentar: