Sabtu, 31 Juli 2021
Promosi (Promotion) (skripsi dan tesis)
Promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran berupa aktivitas
pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi atau membujuk
serta meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia
menerima, membeli serta loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang
bersangkutan (Tjiptono, 2007). Istilah promosi dalam konteks pemasaran sudah
dirumuskan ulang. Para pemasar menyadari bahwa urusan meyampaikan segala
sesuatu tentang perusahaan sesungguhnya adalah upaya komunikasi, sehingga
kini orang lebih suka menyebutnya dengan komunikasi pemasaran. Istilah tersebut
dirumuskan karena upaya seperti iklan atau promosi penjualan adalah upaya
11
penyampaikan pesan-pesan tertentu kepada berbagi pihak, termasuk untuk
konsumen (Amir, 2005).
Istilah promosi banyak diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk
menerima produk, konsep dan gagasan. Strategi promosi berarti sebuah program
terkendali dan terpadu dari metode komunikasi dan material yang dirancang untuk
menghadirkan perusahaan dan produk-produknya kepada calon konsumen.
Strategi promosi juga dirancang untuk menyampaikan ciri-ciri produk yang
memuaskan kebutuhan untuk mendorong penjualan yang pada akhirnya memberi
kontribusi pada kinerja laba jangka panjang. Pengembangan strategi promosi yang
efektif sangat bergantung pada seberapa baik perusahaan melakukan tahap-tahap
awal dalam proses manajamen pemasaran, khususnya yang berhubungan dengan
pemahaman perilaku pembeli, segmentasi pasar, analisa persaingan, penetapan
pasar sasaran dan penentuan posisi produk (Boyd et al., 2000).
Kegiatan promosi biasanya merupakan salah satu komponen yang menjadi
prioritas dari kegiatan pemasaran (Hermawan, 2012). Promosi membentuk banyak
fungsi bagi konsumen. Konsumen dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan
mengapa sebuah produk digunakan, oleh orang seperti apa dan dimana serta
kapan. Konsumen juga dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa
yang dipertahankan perusahaan dan merek, serta konsumen dapat diberikan satu
insentif atau imbalan untuk percobaan atau penggunaan (Kotler dan Keller, 2008).
Jenis-jenis promosi atau lebih dikenal dengan bauran promosi terdiri dari
periklanan, promosi penjualan, pemasaran langsung, kehumasan dan penjualan
pribadi.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar