Jumat, 30 Juli 2021
Pengertian Green Marketing (skripsi dan tesis)
Menurut Haryadi (2009) istilah green marketing mulai dikenal
pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, namun ternyata hal tersebut
telah didiskusikan lebih awal. The American Marketing Associate
(AMA) pada tahun 1975 mengadakan seminar pertama tentang
“Ecological Marketing” di mana seminar ini menghasilkan buku
pertama tentang green marketing berjudul “Ecological Marketing”
(Henion dan Kinnear, 1978 dalam Haryadi, 2009).
Mintu & Lozada (1993), Lozada (2000) dalam Haryadi (2009)
mendefinisikan green marketing sebagai aplikasi dari alat pemasaran
untuk memfasilitasi perubahan yang memberikan kepuasan organisasi
dan tujuan individual dalam melakukan pemeliharaan, perlindungan,
dan konservasi pada lingkungan fisik. Aktivitas green marketing
membutuhkan lebih dari sekedar pengembangan citra (Henion &
Kinnear, 1976; Lozada & Mintu–Wimsatt, 1998 dalam Haryadi, 2009).
Charter (1992) dalam Haryadi (2009) memberikan definisi
green marketing merupakan holistik, tanggung jawab strategik proses
manajemen yang mengidentifikasi, mengantisipasi, memuaskan dan
14
memenuhi kebutuhan stakeholders untuk memberi penghargaan wajar,
yang tidak menimbulkan kerugian kepada manusia atau kesehatan
lingkungan alam
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar