Jumat, 30 Juli 2021
Pengertian Harga Premium dan Persepsi Kualitas (skripsi dan tesis)
Pada berbagai literatur penelitian, terdapat pengaruh harga pada
persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk. Menurut Rao dan
Bergen (1992), Junaedi (2005) dalam Haryadi (2009), harga premium
adalah harga yang dibayarkan lebih besar jumlahnya di atas harga yang
sesuai dengan kebenaran nilai suatu produk (kualitas) yang menjadi
indikator keinginan konsumen untuk membayar.
Kualitas produk dalam penelitian ini ditentukan pada
pengukuran kualitas objektif dan kualitas yang dipersepsikan. Kualitas
objektif (objective quality) didefinisikan sebagai atribut yang dapat
diukur dari dalam produk dibandingkan dengan produk standar yang
dapat dibuat. Sedangkan persepsi kualitas (perceived quality)
didefinisikan sebagai keputusan konsumen individu tentang
superioritas dari suatu produk (Zeithaml, 1988 dalam Junaedi, 2005).
Penelitian lain pun menyebutkan bahwa keinginan konsumen
membayar sejumlah uang tertentu untuk produk-produk yang ramah
lingkungan lebih disebabkan karena kepedulian mereka tentang
permasalahan lingkungan (Laroche et al., 2001). Penerimaan faktor
harga premium terhadap produk ramah lingkungan inilah yang
kemudian sering didefinisikan sebagai harga hijau (green pricing).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar