Sabtu, 31 Juli 2021
Strategi Bersaing (skripsi dan tesis)
Strategi kompetitif menunjukkan orientasi strategi bisnis dalam perusahaan
terhadap kondisi lingkungan eksternal yang mencakup konsumen maupun pesaing
(Abdullah et al., 2009; Dadzie et al., 2012; Hitt et al., 2015). Strategi dalam suatu
bisnis terutama strategi kompetitif dikatakan penting dalam menjelaskan variasi
dalam profitabilitas perusahaan dan kinerja jangka panjang (Beard & Dess, 1981;
Teeratansirikool et al., 2013; Kang et al., 2012). Menurut Porter (1980) strategi
generik harus memungkinkan perusahaan untuk bersaing secara kompetitif dalam
semua industri.
Porter (1985) mengemukakan bahwa setiap perusahaan atau organisasi
memiliki strategi bersaing, baik secara formal maupun informal. Porter
menganggap bahwa sebuah perusahaan yang dapat menciptakan posisi secara
jangka panjang dan dapat mempertahankan dalam suatu industri tertentu
merupakan penentu keberhasilan untuk mengalahkan kompetitor. Porter (1985)
berpendapat bahwa dengan cost leadership, diferensiasi, atau fokus sebagai strategi
generik, sebuah bisnis dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan
dan bertahan lama dibandingkan para pesaing. Keunggulan kompetitif ada ketika
perusahaan mampu memberikan manfaat yang sama seperti pesaing tetapi dengan
biaya lebih rendah, sehingga keunggulan kompetitif memungkinkan perusahaan
untuk menciptakan produk-produk unggulan. Dengan demikian, keunggulan
kompetitif memungkinkan perusahaan untuk menciptakan nilai unggul bagi para
pelanggannya dan keuntungan superior untuk dirinya sendiri. Literatur yang ada sebagian besar berfokus pada cost leadership dan
diferensiasi sebagai sarana keunggulan kompetitif. Jika suatu perusahaan
beroperasi dengan biaya lebih rendah dari pada para pesaingnya, perusahaan dapat
mencapai cost leadership. Di sisi lain, jika pelanggan menganggap penawarannya
lebih unggul dari para pesaingnya, maka perusahaan dapat mencapai perbedaan
(Porter 1985).
Dalam makalah ini, tipologi Porter (1980) ada dua strategi generik yaitu
cost leadership dan diferensiasi, hal ini dipelajari karena mereka adalah dimensi
strategi yang umum digunakan (Nayyar 1993). Tipologi Porter menunjukkan
bahwa perusahaan yang mengejar strategi kompetitif ini akan mengarah pada
keunggulan kompetitif. Literatur lain juga telah melihat bahwa kepemimpinan
biaya dan diferensiasi memengaruhi kinerja perusahaan secara positif (Azim et al.,
2017).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar