Sabtu, 31 Juli 2021

Strategi Bersaing (skripsi dan tesis)

Strategi kompetitif menunjukkan orientasi strategi bisnis dalam perusahaan terhadap kondisi lingkungan eksternal yang mencakup konsumen maupun pesaing (Abdullah et al., 2009; Dadzie et al., 2012; Hitt et al., 2015). Strategi dalam suatu bisnis terutama strategi kompetitif dikatakan penting dalam menjelaskan variasi dalam profitabilitas perusahaan dan kinerja jangka panjang (Beard & Dess, 1981; Teeratansirikool et al., 2013; Kang et al., 2012). Menurut Porter (1980) strategi generik harus memungkinkan perusahaan untuk bersaing secara kompetitif dalam semua industri. Porter (1985) mengemukakan bahwa setiap perusahaan atau organisasi memiliki strategi bersaing, baik secara formal maupun informal. Porter menganggap bahwa sebuah perusahaan yang dapat menciptakan posisi secara jangka panjang dan dapat mempertahankan dalam suatu industri tertentu merupakan penentu keberhasilan untuk mengalahkan kompetitor. Porter (1985) berpendapat bahwa dengan cost leadership, diferensiasi, atau fokus sebagai strategi generik, sebuah bisnis dapat memperoleh keunggulan kompetitif yang signifikan dan bertahan lama dibandingkan para pesaing. Keunggulan kompetitif ada ketika perusahaan mampu memberikan manfaat yang sama seperti pesaing tetapi dengan biaya lebih rendah, sehingga keunggulan kompetitif memungkinkan perusahaan untuk menciptakan produk-produk unggulan. Dengan demikian, keunggulan kompetitif memungkinkan perusahaan untuk menciptakan nilai unggul bagi para pelanggannya dan keuntungan superior untuk dirinya sendiri. Literatur yang ada sebagian besar berfokus pada cost leadership dan diferensiasi sebagai sarana keunggulan kompetitif. Jika suatu perusahaan beroperasi dengan biaya lebih rendah dari pada para pesaingnya, perusahaan dapat mencapai cost leadership. Di sisi lain, jika pelanggan menganggap penawarannya lebih unggul dari para pesaingnya, maka perusahaan dapat mencapai perbedaan (Porter 1985). Dalam makalah ini, tipologi Porter (1980) ada dua strategi generik yaitu cost leadership dan diferensiasi, hal ini dipelajari karena mereka adalah dimensi strategi yang umum digunakan (Nayyar 1993). Tipologi Porter menunjukkan bahwa perusahaan yang mengejar strategi kompetitif ini akan mengarah pada keunggulan kompetitif. Literatur lain juga telah melihat bahwa kepemimpinan biaya dan diferensiasi memengaruhi kinerja perusahaan secara positif (Azim et al., 2017).

Tidak ada komentar: