Sabtu, 31 Juli 2021

Proses Pembentukan Brand Image (skripsi dan tesis)

Pembentukan brand image di khalayak, erat kaitannya dengan persepsi yang ada dalam khalayak terhadap brand tersebut. Image adalah persepsi yang relative lebih unggul dibanding pesaing. Inilah yang disebut posisi brand (brand position). Brand yang berhasil adalah brand yang memiliki posisi kuat dibanding pesaingnya. Agar posisi brand kuat, tentu harus dikenal dulu dengan menempatkan brand dalam pikiran konsumen. Untuk itu brand harus bersaing untuk masuk dalam memori konsumen. Kapasitas otak konsumen terbatas, padahal setiap hari konsumen dibombardir oleh ribuan stimuli. Akibatnya tidak semua brand tertampung. Secara alamiah, otak konsumen menggerakan panca indera untuk menyeleksi brand untuk diperhatikan. (Mardiyah, 2010). Pada langkah awal ini, keberadaan brand dalam pikiran terbatas pada pengenalan brand (brand awareness). Pada tingkatan pengenalan paling rendah, dimana hanya sekedar tahu keberadaan brand, konsumen belum dapat, membentuk gambaran (persepsi) tentang brand. Proses asosiasi adalah suatu bentuk pengorganisasian stimulus guna membentuk persepsi (Simamora, 2004). Persepsi inilah yang pada akhirnya akan membentuk suatu citra tertentu terhadap suatu brand.

Tidak ada komentar: