Sabtu, 31 Juli 2021
Proses Pembentukan Brand Image (skripsi dan tesis)
Pembentukan brand image di khalayak, erat kaitannya dengan
persepsi yang ada dalam khalayak terhadap brand tersebut. Image adalah
persepsi yang relative lebih unggul dibanding pesaing. Inilah yang disebut
posisi brand (brand position). Brand yang berhasil adalah brand yang
memiliki posisi kuat dibanding pesaingnya. Agar posisi brand kuat, tentu harus dikenal dulu dengan menempatkan
brand dalam pikiran konsumen. Untuk itu brand harus bersaing untuk masuk
dalam memori konsumen. Kapasitas otak konsumen terbatas, padahal setiap
hari konsumen dibombardir oleh ribuan stimuli. Akibatnya tidak semua
brand tertampung. Secara alamiah, otak konsumen menggerakan panca
indera untuk menyeleksi brand untuk diperhatikan. (Mardiyah, 2010).
Pada langkah awal ini, keberadaan brand dalam pikiran terbatas pada
pengenalan brand (brand awareness). Pada tingkatan pengenalan paling
rendah, dimana hanya sekedar tahu keberadaan brand, konsumen belum
dapat, membentuk gambaran (persepsi) tentang brand. Proses asosiasi adalah
suatu bentuk pengorganisasian stimulus guna membentuk persepsi
(Simamora, 2004). Persepsi inilah yang pada akhirnya akan membentuk
suatu citra tertentu terhadap suatu brand.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar