Menurut
Mowen dan Minor (2014)
psikografis adalah jenis riset konsumen yang menggambarkan segmen konsumen
dalam hal bagaimana mereka hidup, bekerja, dan bermain. Pengertian lain menyatakan bahwa Psikografis
adalah identifikasi karakteristik kepribadian dan sikap yang memepengaruhi gaya hidup seseorang
dan perilaku pembelian. Psikografis
titik data mencakup pendapat, sikap, dan keyakinan tentangberbagai aspek yang
berkaitan dengan gaya hidup dan perilaku pembelian (Engel, 2004)
Sedangkan
definisi lain diungkapkan oleh Demby dalam Engel, dkk (2004)
bahwa psikografi adalah pemakaian faktor
psikologis, sosiologis, dan antropologis, seperti manfaat
yang diinginkan (dari perilaku yang sedang dipelajari), konsep diri, dan gaya hidup (atau gaya yang dijalani)
untuk menentukan bagaimana pasar dipangsa menurut
kecenderungan kelompok di dalam pasar yang bersangkutan dan alasan mereka untuk mengambil keputusan
tertentu mengenai produk, orang, ideologi, atau kalau
tidak, menganut suatu sikap atau menggunakan suatu medium
Berdasarkan uraian di
atas maka psikografi adalah menilai konsumen berdasarkan karakteritik sifat dan
perilaku yang dimilikinya. Berbagai teori menunjukkan bahwa pengkategorian
psikografi dapat dibedakan oleh penggolongan psikografi itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar