Pengaruh yang diberikan demografi terhadap minat produk
investasi sangat bervariasi tergantung pada karakteristik penduduk itu sendiri.
Hal ini membawa berbagai hasil penelitian berbeda. Faktor utama dari demografi yang
dianggap berpengaruh terhadap pilihan produk investasi meliputi jenis kelamin,
usia, pendapatan dan pendidikan (Ariyadi,
et all, 2015; Tallo et all, 2015;
Rudhy, 2013). Pengaruh yang diberikan antara jenis kelamin terhadap pilihan
produk investasi menunjukkan perbedaan dikarenakan karakteristik pria yang
lebih cenderung berani dalam mengambil resiko dibandingkan perempuan (Barber
dan Odean 2001). Demikian pula karakteristik usia yang memiliki perbedaan
pengaruh terhadap pilihan produk investasi. Grebel dan Lytton (1998 dalam
Tallo, et all, 2015) menyatakan bahwa usia yang lebih muda akan lebih berani
mengambil risiko dalam investasi dibanding usia yang tidak produktif atau sudah
tua, yang tidak berani mengambil risiko dalam berinvestasi
Pengaruh pendapatan terhadap minat produk investasi di
dasarkan pada investor yang memiliki pendapatan lebih tinggi cenderung memiliki
portofolio yang lebih berfluktuatif atau memiliki risiko lebih besar (Barber
dan Odean, 2011; Schooley and Worden 2009). Sedangkan pendidikan mempengaruhi minat produk
investasi dikarenakan jenjang pendidikan secara tidak langsung berhubungan
dengan pengetahuan. Orang yang berani mengambil risiko (risk aggressive) bisa dikatakan berpendidikan tinggi karena
memiliki pengetahuan yang luas dan mampu menghitung risiko yang dihadapi
(Bhandari dan Deaves, 2006).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar