Senin, 20 April 2020

Kualitas lingkungan fisik (skripsi dan tesis)

 Lingkungan fisik (physical environment) adalah keadaan atau kondisi yang di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi, ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, peletakan dan layout yang nampak atau lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992). Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses bagi sebuah usaha (dalam hal ini kantor layanan bank) diantaranya adalah kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang 35 strategis, keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen. Nitisemito (2013:184) dalam Vemmylia (2009) mengatakan bahwa physical environment adalah keseluruhan atau setiap aspek dan gejala fisik dan social kultura yang mempengaruhi individu. Faktor yang mempengaruhi lingkungan fisik adalah (1) warna, (2) kebersihan, (3) pertukaran udara, (4) penerangan, (5) keamanan, (6) kebisingan. Kualitas fisik meliputi lingkungan fisik dan instrumen, kualitas interaktif terutama berasal dari cuaca penyedia layanan gaya interaksi cocok dengan gaya partisipasi pelanggan penampilan, kemampuan sarana dan prasarana fisik perusahaan dan lingkungan sekitar adalah bukti fasilitas fisik/gedung, gudang, penampilan karyawan, dan lain sebagainya

Tidak ada komentar: