Lingkungan fisik (physical environment) adalah keadaan atau kondisi yang
di dalamnya juga termasuk suasana. Karakteristik lingkungan fisik merupakan
segi paling nampak dalam kaitannya dengan situasi. Yang dimaksud dengan
situasi ini adalah situasi dan kondisi geografi dan lingkungan institusi, dekorasi,
ruangan, suara, aroma, cahaya, cuaca, peletakan dan layout yang nampak atau
lingkungan yang penting sebagai obyek stimuli (Belk 1974 dalam Assael 1992).
Dari ketujuh elemen marketing mix tersebut yang merupakan kunci sukses
bagi sebuah usaha (dalam hal ini kantor layanan bank) diantaranya adalah
kelengkapan produk layanan yang siap ditawarkan (one stop service), lokasi yang
35
strategis, keramahan dan efektivitas pelayanan, tempat parkir yang memadai, dan
fasilitas lain pendukung kenyamanan konsumen.
Nitisemito (2013:184) dalam Vemmylia (2009) mengatakan bahwa
physical environment adalah keseluruhan atau setiap aspek dan gejala fisik dan
social kultura yang mempengaruhi individu. Faktor yang mempengaruhi
lingkungan fisik adalah (1) warna, (2) kebersihan, (3) pertukaran udara, (4)
penerangan, (5) keamanan, (6) kebisingan.
Kualitas fisik meliputi lingkungan fisik dan instrumen, kualitas interaktif
terutama berasal dari cuaca penyedia layanan gaya interaksi cocok dengan gaya
partisipasi pelanggan penampilan, kemampuan sarana dan prasarana fisik
perusahaan dan lingkungan sekitar adalah bukti fasilitas fisik/gedung, gudang,
penampilan karyawan, dan lain sebagainya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar