Kualitas hasil dapat diartikan sebagai kualitas hasil yang dirasakan oleh
nasabah . Kualitas hasil secara langsung berkontribusi terhadap persepsi kualitas
layanan. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa persepsi kualitas layanan secara
keseluruhan bergantung tidak hanya pada layanan proses pengiriman tetapi juga
hasilnya. Pelanggan dapat melihat kualitas layanan melalui persepsi mereka atas
dasar evaluasi kinerja di berbagai tingkat dan menggabungkan hasil evaluasi
tersebut untuk sampai pada persepsi kualitas layanan secara keseluruhan (Brady,
Cronin, 2001 dalam Suuroja (2003)). Aspek yang biasanya di evaluasi oleh
pelanggan yaitu speed (kecepatan), tangible (sesuatu yang dapat dilihat seperti
kerapihan dokumen hasil transaksi), dan kemampuan para pegawai perusahaan
36
untuk menumbuhkan rasa percaya pelanggan kepada perusahaan (assurance).
Variabel ini terdiri dari beberapa komponen antara lain komunikasi
(communication), kredibilitas (credibility), keamanan, kompetensi (competence),
dan sopan santun (cortecy)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar