Loyalitas konsumen adalah komitmen konsumen terhadap suatu merek,
berdasarkan sikap yang sangat positif dan tercermin dalam pembelian ulang yang
konsisten (Tjiptono 2012). Sementara itu, loyalitas konsumen (customer loyalty)
dalam konteks pemasaran jasa, Tjiptono (2012) sebagai respon yang terkait erat
dengan ikrar atau janji untuk memegang teguh komitmen yang mendasari
keberlanjutan relasi, dan biasanya tercermin dalam pembelian berkelanjutan dari
penyedia jasa yang sama atas dasar dedikasi maupun kendala pragmatis.
Loyalitas menurut Tjiptono (2012) adalah situasi dimana konsumen
bersikap positif terhadap produk atau produsen (penyedia jasa/produk) dandisertai pola pembelian ulang yang konsisten. Loyalitas konsumen sebagai
kerangka berpikir konsumen yang memegang sikap yang disukai terhadap sebuah
perusahaan, berkomitmen untuk membeli lagi produk/jasa perusahaan serta
merekomendasikan produk/jasa tersebut (Akbar dan Parvez, 2009)
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa loyalitas merupakan suatu
sikap positif konsumen terhadap suatu produk atau jasa maupun pada perusahaan
itu sendiri yang disertai dengan komitmen untuk membeli produk atau jasa
perusahaan tersebut dan merekomendasikannya pada pihak lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar