Loyalitas pelanggan memiliki hubungan kausal dengan kualitas jasa.
Terjadinya loyalitas merk pada konsumen disebabkan adanya pengaruh kepuasan
atau ketidakpuasan pelanggan terhadap merk tersebut yang terakumulasi secara
terus-menerus disamping adanya persepsi tentang kualitas. Loyalitas pelanggan
juga dipengaruhi oleh kualitas produk, kualitas produk dapat digunakan untuk
mengembangkan loyalitas pelanggan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan
bahwa konsumen akan menjadi loyal pada beberapa merk berkualitas tinggi.
Dalam hal kualitas, kualitas produk juga mengandung makna adanya kualitas
pelanggan. Indikator kualitas produk menurut Gaspersz (2008) adalah sebagai
berikut: 1) Kesesuaian dengan spesifikasi, 2) Keistimewaan, 3) Estetika, 4)
Kualitas yang dipersepsikan (perceived quality). Variasi loyalitas konsumen dipengaruhi baik secara langsung maupun
secara tidak langsung oleh variasi berbagai variabel di antaranya kualitas produk,
kepuasan konsumen dan reputasi merek. Ini berarti bahwa loyalitas konsumen
dapat ditingkatkan dengan memperhatikan kualitas produk, kepuasan konsumen
dan reputasi merek dari jamu tolak angin PT. sido muncul (Hermawan, 2011).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar