Senin, 20 April 2020

Kualitas Layanan (skripsi dan tesis)

 Menurut Lewis dan Booms dalam Fandy Tjiptono (2008 : 85) menjelaskan bahwa kualitas layanan bisa diartikan sebagai ’’ukuran seberapa bagus tingkat layanan yang diberikan mampu sesuai dengan ekspetasi pelanggan dan kualitas layanan ditentukan oleh kemampuan perusahaan memiliki kebutuhan dan keinginan pelanggan sesuai dengan ekpetasi’. Menurut Tjiptono (2008 : 110): “kualitas jasa atau kualitas pelayanan yang mendefinisikan sebagai kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, sumber daya manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. ”Definisi kualitas layanan didukung oleh Kotler Amstrong (2008 : 55) menyatakan bahwa “keseluruhan ciri atau sifat dari suatu barang atau jasa yang berpengaruh pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.” Kualitas layanan mengandung banyak definisi dan makna. Orang yang berbeda akan mengartikannya secara berlainan. Beberapa contoh definisi yang kerap kali dijumpai antara lain : 1. Kesesuaian dengan persyaratan / tuntutan. 2. Kecocokan untuk pemakaian. 3. Perbaikan / penyempurnaan berkelanjutan. 4. Pemenuhan kebutuhan pelanggan semenjak awal dan setiap saat. 5. Sesuatu yang bisa membahagiakan pelanggan. Terdapat lima Kunci dimensi yang dijadikan acuan untuk mengukur kualitas layanan yang telah diindentifikasi dan sebagai acuan dalam riset 21 pemasaran jasa oleh Pasuraman et al dan Gronroos dalam Ioannis (2009 : 231) adalah sebagai berikut : 1. Bukti Langsung (Tangible), fasilitas, peralatan dan penampilan staf 2. Keandalan (Reliability), kemampuan untuk memberikan layanan yang dijanjikan secara akurat. 3. Daya Tanggap (Responsiveness), Kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan yang cepat. 4. Jaminan (Assurance), Pengetahuan dan kesopanan staf dan kemampuan mereka untuk menyampaikan kepercayaan dan keyakinan 5. Empati (Empaty), peduli, memberikan perhatian kepada para pelanggan sebagai individu

Tidak ada komentar: