Lupiyoadi (2006) faktor penentu kepuasan konsumen adalah persepsi
konsumen terhadap kualitas suatu produk/jasa. Kualitas produk merupakan hal
yang harus dipertahankan oleh sebuah perusahaan, karena kualitas produk yang baik dapat membentuk kepuasan dan loyalitas konsumen. Kualitas merupakan
perpaduan antara sifat dan karakteristik yang menentukan sejauh mana keluaran
dapat memenuhi persyaratan kebutuhan konsumen (Lupiyoadi,2006). Hubungan
antara kualitas produk dan kepuasan konsumen diperkuat dengan pendapat Kotler
dan Amstrong (2008) yang menyatakan bahwa jika kualitas produk lebih rendah
dibandingkan dengan harapan, maka Konsumen tersebut tidak puas atau kecewa.
Indikator yang digunakan untuk mengukur kualitas produk yaitu kesesuaian
dengan spesifikasi (conformance to spesification), Keistimewaan (Feature),
Estetika (aestethic), kualitas yang dipersepsikan (perceived quality) Gaspersz
(2008).
Kualitas poduk kartu prabayar IM3 berpngaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini sesuai dengan peneiltian yang
dilakukan oleh Suwarni dan Mayasari (2011) yang menyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara kualitas produk kartu prabayar IM3 terhadap
kepuasan hasil penelitian ini juga memperkuat hasil penelitian hidayat (2009)
yang menyatakan bahwa kualitas produk berpnguruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan nasabah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar