Menurut Ali (2008), menjelaskan ada berbagai cara dalam mengukur
loyalitas yaitu :
1) Loyalitas konsumen dapat ditelusuri melalui ukuran-ukuran, seperti
defection rate, jumlah dan kontinuitas konsumen inti, longevity of
core customers, dan nilai bagi konsumen inti sebagai hasil suatu
kualitas, produktivitas, reduksi biaya dari waktu siklus yang singkat).
2) Data loyalitas diperoleh dari umpan balik konsumen yang dapat
dikumpulkan melalui berbagai cara yang tingkat efektifitasnya
bervariasi.
3) Lost customer analysis, analisa non konsumen, masukan dari
karyawan, masukan dari distributor atau pengecer, wawancara
individual secara mendalam.
4) Menganalisa umpan balik dari konsumen, mantan konsumen, non
konsumen, dan pesaing. Indikator loyalitas yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada
penelitian Denga, Lu, Wei, and Zhang (2010), antara lain:
1) Penggunaan secara terus menerus pada suatu penyedia layanan
tertentu
2) Merekomendasikan suatu penyedia layanan tertentu pada orang lain
3) Kesetiaan pada suatu penyedia layanan tertentu (Jika orang lain
direkomendasikan oleh layanan lain, maka preferensi konsumen
tidak akan berubah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar