Senin, 20 April 2020

Indikator loyalitas konsumen (skripsi dan tesis)

Menurut Ali (2008), menjelaskan ada berbagai cara dalam mengukur loyalitas yaitu : 1) Loyalitas konsumen dapat ditelusuri melalui ukuran-ukuran, seperti defection rate, jumlah dan kontinuitas konsumen inti, longevity of core customers, dan nilai bagi konsumen inti sebagai hasil suatu kualitas, produktivitas, reduksi biaya dari waktu siklus yang singkat). 2) Data loyalitas diperoleh dari umpan balik konsumen yang dapat dikumpulkan melalui berbagai cara yang tingkat efektifitasnya bervariasi. 3) Lost customer analysis, analisa non konsumen, masukan dari karyawan, masukan dari distributor atau pengecer, wawancara individual secara mendalam. 4) Menganalisa umpan balik dari konsumen, mantan konsumen, non konsumen, dan pesaing.  Indikator loyalitas yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada penelitian Denga, Lu, Wei, and Zhang (2010), antara lain: 1) Penggunaan secara terus menerus pada suatu penyedia layanan tertentu 2) Merekomendasikan suatu penyedia layanan tertentu pada orang lain 3) Kesetiaan pada suatu penyedia layanan tertentu (Jika orang lain direkomendasikan oleh layanan lain, maka preferensi konsumen tidak akan berubah) 

Tidak ada komentar: