Karaktristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat
informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pengguna. Terdapat empat
karakteristik kualitatif pokok (IAI, 2009) yaitu:
a.
Dapat Dipahami
Kualitas penting informasi yang ditampung dalam laporan
keuangan adalah kemudahannya untuk segera dipahami oleh pengguna. Untuk maksud
ini, pengguna diasumsikan memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas
ekonomi dan bisnis, akuntansi, serta kemauan untuk mempelajari informasi dengan
ketekunan yang wajar.
b.
Relevan
Agar bermanfaat, informasi harus relevan untuk memenuhi
kebutuhan pengguna dalam proses pengambilan keputusan. Informasi memiliki
kualitas relevan kalau dapat mempengaruhi keputusan ekonomi pengguna dengan
membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu, masa kini atau masa depan,
menegaskan, atau mengoreksi, hasil evaluasi pengguna da masa lalu.
c.
Keandalan
Agar bermanfaat, informasi juga harus andal (reliable). Informasi memiliki kualitas
andal jika bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan
dapat diandalkan penggunanya sebagai penyajian yang tulus atau jujur (faithful representation) dari yang
seharusnya disajikan atau secara wajar diharapkan dapat disajikan.
d.
Dapat Dibandingkan
Pengguna harus dapat mempertimbangkan laporan keuangan
perusahaan antara periode untuk mengidentifikasi kecenderungan (tren) posisi dan kinerja keuangan.
Pengguna juga harus dapat mempertimbangakan laporan keuangan antara perusahaan
untuk mengevaluasi posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan
secara relatif. Oleh karena itu, pengukuran dan penyajian laporan keuangan
dampak keuangan dari transaksi dan peristiwa lain yang serupa harus dilakukan
secara konsisten untuk perusahaan tersebut, antarperiode perusahaan yang sama
dan perusahaan yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar