Rabu, 14 Desember 2016

Unsur-unsur Laporan Keuangan (skripsi dan tesis)


1.      Neraca
Neraca adalah laporan yang menunjukkan keadaan keuangan suatu unit usaha pada tanggal tertentu. Unsur-unsur neraca, yaitu Unsur-unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan:
a.       Aset
Aset adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi di masa depan. Manfaat ekonomi masa depan yang berwujud dalam aset adalah potensi dalam aset tersebut untuk memberikan sumbangan, baik langsung maupun tidak langsung terhadap arus kas kepada perusahaan.
Aset terdiri dari:
1.         Aset lancar
Adalah uang kas atau setara kas atau sumber-sumber yang diharapkan direalisasi menjadi uang kas atau dijual atau dikonsumsi selama siklus perusahaan. Contoh aset lancar seperti kas, piutang dagang, biaya dibayar di muka, surat berharga, persediaan barang dagangan.
2.      Aset tetap
Adalah harta atau kekayaan perusahaan yang sifatnya permanen dan dapat digunakan lebih dari 1 periode akuntansi. Elemen-elemen aset tetap meliputi peralatan, tanah, gedung, kendaraan, mesin.
3.         Aset lain-lain adalah aset yang tidak dapat dimasukkan dalam kelompok-kelompok lain.
b.    Kewajiban
Kewajiban adalah tugas atau tanggungjawab untuk bertindak atau untuk melaksanakan sesuatu dengan cara tertentu
1.         Kewajiban Lancar/Jangka Pendek
Adalah kewajiban perusahaan untuk membayar jumlah tertentu kepada pihak lain, dimana jangka waktu pelunasannya tidak lebih dari 1 tahun. Elemen-elemen kewajiban lancar meliputi utang dagang, utang gaji.
2.         Kewajiban Tidak Lancar/Jangka Panjang
Adalah kewajiban perusahaan untuk membayar jumlah tertentu kepada pihak lain dimana jangka waktu pelunasannya lebih dari 1 tahun.
c.    Ekuitas
Adalah hak residual atas aset neto perusahaan. Aset neto perusahaan adalah aset total setelah dikurangi kewajiban total.
          
2. Laporan Laba-Rugi
Laporan laba-rugi adalah laporan yang menunjukkan pendapatan-pendapatan dan biaya dari suatu unit usaha. Selisih antara pendapatan dan biaya merupakan laba-rugi yang diperoleh. Laporan laba-rugi merupakan alat untuk mengetahui kemajuan yang dicapai oleh perusahaan dan untuk mengetahui hasil bersih atau laba yang didapat dalam suatu periode. Unsur yang langsung berkaitan dengan pengukuran penghasilan bersih (laba) meliputi penghasilan dan beban.
a.         Pendapatan
Adalah kenaikan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk pemasukan atau penambahan aset atau penurunan kewajiban yang mengakibatkan kenaikan ekuitas yang tidak berasal dari kontribusi penambahan modal.  Misalnya pendapatan dari sewa.
b.         Biaya
Adalah penurunan manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi dalam bentuk arus keluar atau berkurangnya aset atau terjadinya kewajiban yang mengakibatkan penurunan ekuitas yang tidak menyangkut pembagian kepada penanam modal. Misalnya biaya gaji karyawan, biaya administrasi dan umum.
     3.    Laporan Perubahan Ekuitas
       Selain menyusun neraca dan laporan laba-rugi pada akhir akuntansi, kita perlu menyusun laporan perubahan ekuitas untuk mengetahui sebab- sebab perubahan modal perusahaan. Laporan ini dapat dicari dengan cara laba yang tidak dibagi  pada awal bulan lalu setelah ditambah dengan laba bersih dikurangi dengan pengambilan prive oleh pemilik.
            


Tidak ada komentar: