Seluruh
kegiatan manajemen pemasaran dikonsentrasikan pada tujuan utamanya, yaitu
kepuasan konsumen. Karena itu feedback dari konsumen merupakan informasi penting bagi manajemen untuk
dipakai dalam pengambilan keputusan. Salah satu alat analisis perilaku konsumen adalah pentahapan keputusan
konsumen.
Tahapan
dalam suatu keputusan membeli pada umumnya melalui proses-proses sebagai
berikut: [Umar, 2000]
1. Tahap-1: Pengenalan Masalah. Pada situasi
ini seseorang menaydari bahwa ia mempunyai suatu masalah atau suatu kebutuhan.
2. Tahap-2: Pencarian informasi . untuk
mengatasi masalah di atas ia mencari informasi lebih banyak, misalnya lewat
majalah, surat kabar,d an lain-lain.
3. Tahap-3: Evaluasi Alternatif. Pada tahap
ini calon pembeli menggunakan informasi untuk mengevaluasi pilihan-pilihan
produk yang tersedi di pasaran.
4. Tahap-4: Keputusan Pembelian. Pada tahap
ini konsumen sesungguhnya melakukan tindakan sesungguhnya pembelian terhadap
suatu produk
5. Perilaku Setelah Pembelian: pada tahap ini
konsumen akan melakukan tindakan lebih jauh, setelah pembelian dilakukan,
berdasarkan tingkat kepuasannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar