Dalam kehidupan era informasi ini, bagi perusahaan yang
jelas bisnisnya tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat. Seharusnya
sadar akan pentingnya pengungkapan laporang pertanggungjawaban sosial
perusahaan kepada pihak publik. Dalam pentingnya pengungkapan pertanggungjawaban
sosial perusahaan tersebut kepada publik sebagai bentuk dari usaha perusahaan
dalam memperoleh acceptable (diterima) dan sustainability (keberlangsungan).
Begitu juga yang dinyatakan oleh Pratiwi (2009),
pentingnya perusahaan melaporkan laporan pertanggungjawaban sosialnya dalam
bentuk sustainability reporting,
yaitu pelaporan mengenai kebijakan ekonomi, lingkungan dan sosial, pengaruh dan
kinerja organisasi dan produknya di dalam konteks pembangunan berkelanjutan.
Berikut adalah standar dalam pengungkapan CSR perusahaan
perbankan, atau dalam GRI (Guidelines
Reporting Indicator) disebut sebagai Sustainability
Reporting Guidelines for The Financial Service Sector yang dibagi dalam empat
sektor, yaitu sebagai berikut:
1.
Produk dan jasa
a)
Pengungkapan pendekatan manajemen terhadap produk dan jasa keuangan
b)
Indikator kinerja manajemen terhadap produk dan jasa keuangan
2.
Sektor Ekonomi
a)
Pengungkapan masalah ekonomi oleh manajemen
b)
Indikator pengungkapan masalah ekonomi
3.
Sektor Lingkungan
Indikator pengungkapan masalah lingkungan
4.
Sektor sosial
a)
Pengungkapan masalah tenaga kerja oleh pihak manajemen
b)
Indikator pengungkapana masalah hak asasi manusia
c)
Indikator kinerja perusahaan terhadap kegiatan sosial
d)
Pengungkapan tanggung jawab pihak manajemen terhadap produk jasa keuangan
di masyarakat
e)
Indikator kinerja tanggung jawab manajemen pada produk jasa keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar