Rabu, 14 Desember 2016

Analisa Eksternal Organisasi (skripsi dan tesis)


Tujuan analisa ekternal adalah untuk mengidentifikasi kesempatan dan ancaman strategis yang ada dalam lingkungan operasional organisasi. Kesempatan muncul ketika organisasi bisa mengambil manfaat dari kondisi lingkungan eksternal untuk merumuskan dan mengimplementasikan strategi yang menguntungkan organisasi. Ancaman muncul ketika kondisi lingkungan eksternal membahayakan intekritas dan keuntungan organisasi. Untuk itu, organisasi perlu menganalisa stakeholdernya.
Stakeholder adalah individu, kelompok atau organisasi apa pun yang dapat melakukan klaim atau perhatian, sumber daya,  atau hasil (output) organisasi, atau dipengaruhi oleh hasil itu. Stakeholder dalam suatu organisasi bisa dibagi dua. Stakeholder internal dan eksternal. Stakeholder Internal merupakan faktor yang dikontrol oleh organisasi seperti pemberi dana organisasi, pemegang saham dan karyawan yang didalamnya termasuk karyawan kantor dan anggota. Sebaliknya, Stakeholder Eksternal merupakan faktor yang tidak dikontrol oleh organisasi seperti konsumen, supplier, komunitas lokal, pemerintah dan publik secara umum.
Ada 5 cara untuk menganalisa stakeholder.
1.      Mengidentifikasi stakeholder
2.      Mengidentifikasi ketertarikan dan concern stakeholder
3.      Mengidentifikasi andil/keterlibatan apa yang diinginkan stakeholder pada organisasi
4.      Mengidentifikasi stakeholder yang paling penting bagi organisasi
5.      Mengidentifikasi hasil tantangan strategis[1]



Tidak ada komentar: